Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Dampak keluarga broken home terhadap perilaku sosial remaja di Desa Terang Bulan Kecamatan Aek Natas Kabupaten Labuhanbatu Utara

Situmorang, Meliana (2023) Dampak keluarga broken home terhadap perilaku sosial remaja di Desa Terang Bulan Kecamatan Aek Natas Kabupaten Labuhanbatu Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1930200052.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan tentang keluarga broken home merupakan kondisi keluarga yang struktur keluarga itu tidak utuh lagi disebakan karena orangtua berpisah atau salah satu dari keluarga itu tidak memenuhi peran sebagai anggota keluarga. Penyebab keluarga broken home dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain persoalan ekonomi, komunikasi dan kekerasan dalam rumah tangga, maupun persoalan hidup yang berbeda. Hal inilah yang membuat perilaku sosial remaja menjadi kurang percaya diri. Namun ada sebagian remaja yang bisa menyesuaikan dirinya kepada masyarakat mengambil sisi positif dari permasalahan kondisi yang dialami orangtuanya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penyebab terjadinya keluarga broken home dan untuk mengetahui apa saja dampak keluarga broken home terhadap perilaku sosial remaja dalam kondisi keluarga broken home di Desa Terang Bulan Kecamatan Aek Natas Kabupaten Labuhanbatu Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif untuk mendapatkan permasalahan yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang dibutuhkan yaitu sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer dari penelitian ini berjumlah 10 remaja dan sumber data sekunder terdiri dari, orangtua yang mengalami keluarga yang kurang harmonis (broken home), teman sebaya, tetangga, tokoh agama dan kepala desa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang menyebabkan keluarga broken home di Desa Terang Bulan adalah karena salahsatu dari kedua belah pihak yang cuek atau tidak perduli kepada keluarga dan kurangnya saling memahami satu sama lain hal inilah yang menjadi faktor internal dari keluarga broken home. Dan yang menjadi faktor eksternal dari penyebab keluarga broken home yaitu adanya kekerasan didalam rumah tangga, faktor ekomomi, dan minimnya hubungan komunikasi. Kemudian dampak dari perilaku sosial remaja dari kelurga broken home bahwa ada dampak posistif dan negetaif pada perilaku sosial remaja. Dampak negative remaja dari keluarga broken home masih ada sebagaian remaja yang belum bisa menyesuaikan diri dengan masyarakat sekitar. Mereka tidak mau ikut terlibat dalam kegiatan yang dilakukan masyarakat dan lebih memilih untuk berdiam diri dirumah. Mereka juga memiliki kesulitan berinteraksi di masyarakat. Ada juga dampak positif dari sebagian remaja yang kondisi keluarga broken home memiliki rasa suka menolong orang lain. Karena menurut mereka menolong orang lain adalah kewajiban kepada setiap orang. Ada juga remaja yang mencerminkan perilaku menghormati orang lain dengan baik, mereka juga tidak pernah bermasalah dan membuat keributan dengan orang lain. Ada juga sebagian remaja belajar menerima diri dengan baik dari keluarga yang mengalami broken home.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Magdalena, M.Ag dan Fithri Choirunnisa Siregar, M.Psi
Keywords: Keluarga; Boken home; Perilaku sosial; Remaja
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 14 Mar 2024 06:48
Last Modified: 14 Mar 2024 06:48
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10319

Actions (login required)

View Item View Item