Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penguatan karakter toleransi siswa melalui permainan tradisional pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Kelas IV SD Negeri 200513 Padangsidimpuan

Ritonga, Hafifah Ulfa (2023) Penguatan karakter toleransi siswa melalui permainan tradisional pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Kelas IV SD Negeri 200513 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500128.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya sikap toleransi siswa di kelas IV SD Negeri 200513 Padangsidimpuan yang disebabkan oleh penanaman karakter toleransi yang kurang, dan kurangnya perhatian dan pengawasan guru kepada siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penguatan karakter toleransi siswa melalui permainan tradisional pada pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di kelas IV SD Negeri 200513 Padangsidimpuan? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan penguatan karakter toleransi siswa melalui permainan tradisional pada pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di kelas IV SD Negeri 200513 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan metode Kurt Lewin yang memiliki langkah-langkah seperti perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 200513 Padangsidimpuan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan pembahasan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Permainan Tradisional dapat menguatkan Karakter Toleransi siswa. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil observasi yang telah dipersentasekan pada siklus I pertemuan-1 48%, pertemuan-2 58%, dan siklus II pertemuan 1 68,5%, pertemuan-2 84%. Dan hasil angket yang dibagikan kepada siswa yaitu siklus I pertemuan-1 50%, pertemuan-2 62%, dan siklus II pertemuan-1 73,5%, pertemuan-2 87,5%. Karena penguatan karakter toleransi telah mencapai sesuai yang diharapkan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa Permainan Tradisional dapat digunakan untuk Penguatan Karakter Toleransi Siswa pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan materi Gobak Sodor dan Boy Boyan kelas IV di SD Negeri 200513 Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hamidah, M.Pd dan Ade Suhendra, M.Pd.I
Keywords: Karakter toleransi; Permainan tradisional
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 14 Mar 2024 04:33
Last Modified: 14 Mar 2024 04:33
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10317

Actions (login required)

View Item View Item