Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan hasil belajar melalui model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran IPA di Kelas IV SDN 200106 Padangsidimpuan Utara Kota Padangsidimpuan

Efriani, Sri (2023) Upaya meningkatkan hasil belajar melalui model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran IPA di Kelas IV SDN 200106 Padangsidimpuan Utara Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini dilatarbelakangi karena hasil belajar siswa masih rendah disebabka`n oleh kurangnya semangat dan konsentrasi siswa dalam belajar, kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran yang disampaikan guru, rendahnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran yang dilaksanakan masih berpusat kepada guru dan kurang melibatkan siswa. Untuk mengatasi rendahnya hasil belajar siswa, dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa terutama dalam pembelajaran IPA. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana hasil belajar IPA siswa pada tes pra siklus, Bagaimana hasil belajar IPA pada siklus I setelah dilakukan penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) di kelas IV SDN 200106 Padangsidimpuan, Bagaimana hasil belajar IPA pada siklus II setelah dilakukan penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) di kelas IV SDN 200106 Padangsidimpuan, Bagaimana perbandingan hasil belajar IPA siswa pada siklus I dan siklus II setelah dilakukan penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) di kelas IV SDN 200106 Padangsidimpuan. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus, dan setiap siklus terdapat 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen dalam penelitian yaitu berupa tes pilihan berganda dan observasi guru dan siswa. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 15 orang dan guru kelas. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa : hasil belajar siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebesar 75 melalui model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran IPA mengalami peningkatan dari tes awal ke siklus I, dan dari siklus I ke siklus II. Pada tes awal jumlah siswa yang tuntas sebanyak 4 siswa dengan persentase 26,66 %. Pada siklus I pertemuan 1 meningkat menjadi 5 siswa dengan pesentase 33,33 %. Pada pertemuan 2 terjadi lagi peningkatan, dari 5 siswa yang tuntas menjadi 7 siswa yang tuntas dengan persentase sebesar 40 %. Kemudian pada siklus II pertemuan 1 terjadi lagi peningkatan sebesar 66,66 % dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 10 orang. Pada pertemuan 2 meningkat menjadi 12 siswa dengan persentase sebesar 80 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd dan Syafrilianto, M.Pd
Keywords: Hasil belajar; Teams Games Tournament (TGT); Pembelajaran IPA
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 14 Mar 2024 04:20
Last Modified: 14 Mar 2024 04:20
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10316

Actions (login required)

View Item View Item