Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Efek pelaksanaan salat tahajjud terhadap perilaku santriwati Pondok Pesantren Abinnur Al-Islami Mompang Jae Kecamatan Panyabungan Utara

Ajilah, Riadoh (2023) Efek pelaksanaan salat tahajjud terhadap perilaku santriwati Pondok Pesantren Abinnur Al-Islami Mompang Jae Kecamatan Panyabungan Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1930200072.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Efek Pelaksanaan Salat Tahajjud Terhadap Perilaku Santriwati Pondok Pesantren Abinnur Al-Islami Mompang Jae Kecamatan Panyabungan Utara, perilaku santriwati Pondok Pesantren Abinnur Al-Islami sebelum rutin melaksanakan salat tahajjud ada yang kurang baik dan sopan akan tetapi setelah salat tahajjud diwajibkan kepada santriwati Pondok Pesantren Abinnur Al-Islami perilaku santriwati menjadi lebih baik sebagaimana yang diharapkan Pendiri Pondok Pesantren Abinnur Al-Islami. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan salat tahajjud santriwati Pondok Pesantren Abinnur Al-Islami, dan efek pelaksanan salat tahajjud terhadap perilaku santriwati Pondok Pesantren Abinnur Al-Islami. Teori dalam penelitian ini adalah Teori SOR, Teori SOR adalah singkatan dari Stimulus-Organisme-Response, teori ini menunjukkan bahwa komunikasi merupakan proses aksi-reaksi, artinya teori ini berasumsi bahwa kata-kata verbal, isyarat non verbal, maupun simbol-simbol tertentu akan merangsang orang lain untuk memberikan respon dengan cara tertentu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif dengan informan penelitian 30 santriwati sebagai sumber data primer, dan sebagai sumber data sekunder pendiri Pondok Pesantren Abinnur Al-Islami Mompang Jae dan 3 ummi asrama yang ada di Pondok Pesanten Abinnur Al-Islami Mompang Jae. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian bahwa program salat tahajjud yang dilakukan di Pondok Pesanten Abinnur Al-Islami berjalan dengan baik sampai sekarang sebagaimana yang diharapkan oleh pendiri Pondok Pesantren, dan santriwati merasakan banyak perubahan dalam diri masing-masing setelah rutin melaksanakan salat tahajjud pada setiap malam. Penelitian ini diharapkan memberikan sumbangsih pemikiran terhadap penelitian yang akan membahas yang sama atau memiliki kemiripan dengan penelitian ini, serta memberikan manfaat bagi pembaca.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Agus Salim Lubis, M.Ag dan Esli Zuraidah Siregar, M.Sos
Keywords: Efek; Pelaksanaan; Salat tahajjud; Perilaku; Santriwati
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 13 Mar 2024 05:18
Last Modified: 13 Mar 2024 05:18
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10307

Actions (login required)

View Item View Item