Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan hasil belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 078 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal

Nabila, Nabila (2023) Penerapan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan hasil belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 078 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500180.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang kurang bersemangat dan cepat bosan pada saat proses belajar mengajar karena guru masih menggunakan metode konvesional sehingga hasil belajar peserta didik masih rendah. Adapun rumusan masalah ini Apakah Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 078 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 078 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan metode Kurt Lewin yang memiliki langkah-langkah seperti perencanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 078 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Berdasarkan pembahasan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil observasi yang telah di persentasikan pada pra siklus sebelum tindakan di persentasikan 25%. Kemudian pada siklus I pertemuan -1 35%, pertemuan -2 35%. Siklus II pertemuan -1 50%, pertemuan -2 85%. Karena penerapan model pembelajaran talking stick ini telah mencapai sesuai yang diharapkan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 078 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd dan Rahma Hayati Siregar, M.Pd
Keywords: Model pembelajaran talking stick; Hasil belajar IPA
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 13 Mar 2024 05:09
Last Modified: 13 Mar 2024 05:09
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10306

Actions (login required)

View Item View Item