Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran round club terhadap hasil belajar matematika siswa materi opersi hitung bilangan bulat di Kelas VII MTs Hubbul Wathan Tabuyung

Aliani, Nur (2023) Pengaruh model pembelajaran round club terhadap hasil belajar matematika siswa materi opersi hitung bilangan bulat di Kelas VII MTs Hubbul Wathan Tabuyung. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920200037.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Masalah yang dikemukankan dalam peneitian ini adalah pembelajaran matematika di MTs Hubbul Wathan Tabuyung yang membosankan dikarenakan guru menggunakan metode konvensional saat belajar yang membuat siswa tidak memperhatikan guru saat menjelaskan pembelajaran. Sehingga peserta didik kurang mampu memahami materi pelajaran dan mengakibatkan siswa tidak terlalu aktif dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga hasil belajar matematika siswa menjadi rendah. Salah satu model pembelajaran yang inovatif yang bisa digunakan adalah model pembelajaran round club. Model pembelajran ini merupakan salah satu model yang berguna sebagai solusi untuk memperbaiki hasilbelajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran round club terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas VII MTs Hubbul Wathan Tabuyung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dalam bentuk eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan desain True Eksperimental Design dalam bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Hubbul Wathan Tabuyung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh yaitu seluruh populasi dijadikan sampel. . Intstrumen penelitian menggunakan tes uraian. Pengolahan data dan analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian setelah dilakukan uji persyaratan analisis data diproleh kedua kelas berdistribusi normal dan homogen dan memiliki perbedaan rata-rata. Hasil penelitian ini menunjukkkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajran round club terhadap hasil belajar matematika siswa materi operasi hitung bilangan bulat di kelas VII MTs hubbul wathan tabuyung dapat dibuktikan dari analisis data dan uji hipotesis. Pada hasil tersebut memiliki perbedaan yang sangat signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana perbedaan hasil belajar matematika siswa dikelas kontrol tidak tidak berbeda atau dikatakatan tidak mengalami perubahan/peningkatan antara hasil pretest dengan hasil posttest dikelas kontrol. Sedangkan dikelas eksperimen mengalami perubahan/ peningkatan hasil belajar matematika siswa sangat signifikan antara pretest dan posttest di kelas eksperimen. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran round club terhadap hasil belajar matematika siswa materi operasi hitung bilangan bulat di kelas VII MTs Hubbul Wathan Tabuyung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Mariam Nasution, M.Pd dan Nursyaidah, M.Pd
Keywords: Model pembelajaran round club; Hasil belajar; Operasi hitung bilangan bulat
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 13 Mar 2024 04:49
Last Modified: 13 Mar 2024 04:49
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10304

Actions (login required)

View Item View Item