Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan kemampuan berbicara siswa melalui penerapan strategi cerita berantai pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri 100314 Huraba Kabupaten Tapanuli Selatan

Rahmadani, Desi (2023) Peningkatan kemampuan berbicara siswa melalui penerapan strategi cerita berantai pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri 100314 Huraba Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820500023.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan hasil obesrvasi di SD Negeri 100314 Huraba peneliti menemukan berberapa masalah dalam aspek kemampuan berbicara siswa dikarenakan kurangnya bervariasi strategi pembelajaran yang diterapkan sehingga menjadi faktor kurangnya siswa dalam berbicara. Disamping itu, kebanyakan guru menggunakan metode ceramah dalam mengajar, sehingga siswa tidak berperan atau ambil andil dalam proses belajar mengajar untuk mengatasi kurangnya kemampuan berbicara siswa dengan menggunakan strategi cerita berantai diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berbicara siswa terutama pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada peningkatan kemampuan berbicara siswa dengan menggunakan strategi cerita berantai di SD Negeri 100314 Huraba Kabupaten Tapanuli Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan strategi cerita berantai siswa di kelas IV SD Negeri 100314 Huraba. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan strategi cerita berantai yang berupaya untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Sesuai dengan jenis penelitian ini, maka penelitian ini memiliki tahap-tahap penelitian yang berupa siklus. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 100314 Huraba, yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian adanya peningkatan kemampuan berbicara siswa pada pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan strategi cerita berantai , dan peneliti melakukan penilaian pada setiap siklusnya bukan pada setiap pertemuanya. Pada pra-tindakan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 8 orang dengan persentase 32%. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 14 siswa dengan persentase 56%. Kemudian pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 20 siswa dengan persentase sebesar 80%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd dan Rahmadani Tanjung, M.Pd
Keywords: Kemampuan berbicara; Bahasa Indonesia; Cerita berantai
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 13 Mar 2024 04:33
Last Modified: 13 Mar 2024 04:33
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10302

Actions (login required)

View Item View Item