Rahmadani, Desi (2023) Peningkatan kemampuan berbicara siswa melalui penerapan strategi cerita berantai pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri 100314 Huraba Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820500023.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Berdasarkan hasil obesrvasi di SD Negeri 100314 Huraba peneliti menemukan berberapa masalah dalam aspek kemampuan berbicara siswa dikarenakan kurangnya bervariasi strategi pembelajaran yang diterapkan sehingga menjadi faktor kurangnya siswa dalam berbicara. Disamping itu, kebanyakan guru menggunakan metode ceramah dalam mengajar, sehingga siswa tidak berperan atau ambil andil dalam proses belajar mengajar untuk mengatasi kurangnya kemampuan berbicara siswa dengan menggunakan strategi cerita berantai diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berbicara siswa terutama pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada peningkatan kemampuan berbicara siswa dengan menggunakan strategi cerita berantai di SD Negeri 100314 Huraba Kabupaten Tapanuli Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan strategi cerita berantai siswa di kelas IV SD Negeri 100314 Huraba. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan strategi cerita berantai yang berupaya untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Sesuai dengan jenis penelitian ini, maka penelitian ini memiliki tahap-tahap penelitian yang berupa siklus. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 100314 Huraba, yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian adanya peningkatan kemampuan berbicara siswa pada pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan strategi cerita berantai , dan peneliti melakukan penilaian pada setiap siklusnya bukan pada setiap pertemuanya. Pada pra-tindakan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 8 orang dengan persentase 32%. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 14 siswa dengan persentase 56%. Kemudian pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 20 siswa dengan persentase sebesar 80%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. H. Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd dan Rahmadani Tanjung, M.Pd |
Keywords: | Kemampuan berbicara; Bahasa Indonesia; Cerita berantai |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 13 Mar 2024 04:33 |
Last Modified: | 13 Mar 2024 04:33 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10302 |
Actions (login required)
View Item |