Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh penggunaan metode belajar tuntas (mastery learning) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi persamaan kuadrat di SMK Negeri 1 Natal

Anwar, Aprinal (2023) Pengaruh penggunaan metode belajar tuntas (mastery learning) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi persamaan kuadrat di SMK Negeri 1 Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820200072.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan mendorong guru untuk merubah proses di dalam pembelajaran khususnya pada pembelajaran matematika, guru harus pandai menggunakan metode yang memberi keaktifan pada siswa dan pemahaman pada siswa. pada perkembangan pendidikan banyak siswa tidak memahami tujuan pembelajaran yang di berikan oleh guru. Maka dari itu guru harus menggunakan metode di dalam pembelajaran agar siswa mencapai tujuan pembelajaran yang di harapkan. Observasi yang dilakukan di SMK NEGERI 1 NATAL diketahui proses belajar mengajar di kelas XI yaitu Metode yang diterapkan oleh guru tidak terlalu memperhatikan ketuntasan belajar siswa, saat proses belajar mengajar berlangsung pendidik hanya fokus terhadap penyelesaian materi tanpa mempertimbangkan ketuntasan belajar siswa, pemahaman siswa tidak menyeleksi secara mutlak mengenai tingkat ketercapaian tujuan instruksional yang dibuat.Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode pembelajaran belajar tuntas (mastery learning)terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi persamaan kuadrat di SMK Negeri 1 Natal?. Penelitian ini bertujuan : Untuk menguji pengaruh penggunaan metode belajar tuntas (mastery learning) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi persamaan kuadrat di SMK Negeri 1 Natal. Metode yang di gunakan yaitu menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian Experiment research yang memiliki kelompok kelas kontrol dan kelompok kelas eksperimen, sampel yang di gunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Natal sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI TKJ-1 dan XI TKJ-2. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan instrumen test berupa soal pre-test dan post-test yang berbentuk essay. Teknik analisis yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu teknik kuantitatif dengan menggunakan uji independent sample T-test. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Independent Sample T-test di peroleh bahwa nilai signifikasi sebesar 0,004. Sesuai kaidah pengambilan keputusan dalam uji independent sample T-test bahwa nilai signifikasi ini menunjukkan bahwa nilai signifikasi < 0,05 atau 0.004 < 0.05 dapat disimpulkan bahwa (H0) ditolak dan (Ha) di terima. Berdasarkan hasil analisis di atas dapat disimpulkan : Ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode belajar tuntas (mastery learning) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi persamaan kuadrat di SMK Negeri 1 Natal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Almira Amir, M.Si dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd
Keywords: Belajar tuntas; Pemecahan masalah matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 13 Mar 2024 04:16
Last Modified: 13 Mar 2024 04:16
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10301

Actions (login required)

View Item View Item