Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran Visual, Auditory, Kinesthetic (VAK) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika Kelas V SDN 200113 Padangsidimpuan

Yulianda, Suci (2023) Penerapan model pembelajaran Visual, Auditory, Kinesthetic (VAK) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika Kelas V SDN 200113 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500095.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Proses pembelajaran yang kurang menarik akan membuat siswa kurang tertarik dalam proses pembelajaran. Seorang Guru memerlukan sebuah metode dalam meningkatkan minat belajar siswa,agar hasil belajar siswa dapat sesuai dengan yang diharapkan. Pada umumnya pembelajaran yang dilaksanakan cenderung menggunakan metode yang bersifat umum, sehingga siswa kesulitan untuk membuat ide ataupun gagasan siswa dalam pembelajarannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran visual, auditory, kinesthetic (VAK) di Kelas V SDN 200113 Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas V melalui penerapan model pembelajaran visual, auditory, kinesthetic (VAK). Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian yaitu siswa kelas V-B, dengan jumlah siswa 22 orang siswa yaitu 9 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi dan tes hasil belajar, pengumpulan nilai hasil belajar menggunakan tes tertulis dalam bentuk essai. Pengolahan dan analisis data menggunakan validitas tes dan menggunakan SPSS dan Mc. Exel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa, dibuktikan dari nilai hasil belajar yaitu pada pelaksanaan pre test yang dimana persentase ketuntasan siswa sebesar 4,54% (1 dari 22 siswa) dengan nilai rata-rata 41,13%. Siklus I pertemuan I persentase ketuntasan siswa sebesar 13,6% (3 dari 22 siswa) dengan nilai rata-rata yaitu 52,9%. Pada siklus I pertemuan II persentase ketuntasan siswa sebesar 31,8% (7 dari 22 siswa) dengan nilai rata-rata yaitu 62,5%. Siklus II pertemuan I persentase ketuntasa siswa sebesar 72,7% (16 dari 22 siswa) dengan nilai rata-rata yaitu 75%. Siklus II pertemuan II persentase ketuntasan siswa sebesar 81,1% (18 dari 22 siswa) dengan nilai rata-rata yaitu 80%. Nilai pada siklus II yang diperoleh sudah mencapai nilai yang diharapkan dengan persentase 81,1%, maka penelitian ini dapat diberhentikan karena telah mencapai indikator keberhasilan dalam penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Mariam Nasution, M.Pd dan Rahma Hayati Siregar, S.Pd., M.Pd
Keywords: Hasil belajara matematika; Model pembelajaran; Visual, Auditory, Kinesthetic (VAK)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 07 Mar 2024 01:34
Last Modified: 07 Mar 2024 01:34
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10299

Actions (login required)

View Item View Item