Lubis, Mariani (2023) Implementasi manajemen pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Ranto Baek Kecamatan Ranto Baek Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920100294.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Implementasi manajemen pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Ranto Baek dalam mengimplementasikan perencaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran belum dapat dikatan baik dalam pelaksanaannya seperti dalam proses manajemen pembelajaran serta guru yang memiliki kendala dalam mengatasi pelaksanaan manajemen pembelajaran seperti kesulitan dalam mengelola kelas dan kesulitan dalam mengatasi siswa yang memiliki tingkah laku yang berbeda-beda. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana implementasi perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi pembelajaran di SMP Negeri 1 Ranto Baek Kecamatan Ranto Baek Kabupaten Mandailing Natal, serta apa saja kendala yang dihadapi guru PAI dalam pelaksanaan manajemen pembelajaran di SMP Negeri 1 Ranto Baek Kecamatan Ranto Baek Kabupaten Mandailing Natal. Metode Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dekskriftif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini diperoleh dari data primer dan sekunder. Data primernya adalah kepala sekolah, guru PAI dan peserta didik, data sekundernya yaitu buku-buku, jurnal, dan penelitian yang relevan. Teknik pengolahan dan analisis data penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati fenomena disekitarnya. Untuk menjamin keabsahan data penelitian ini digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, implementasi manajemen pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Ranto Baek Kecamatan Ranto Baek Kabupaten Mandailing Natal, dalam hal perencanaaan menyiapkan perangkat pembelajaran seperti RPP dan silabus sebagai pedoman pembelajaran, kemudian dalam hal pelaksanaan dimulai dengan kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan di akhiri dengan kegiatan penutup, pada tahap penilaian/evaluasi pembelajaran ditemukan bahwa guru Pendidikan Agama Islam masih lebih menekankan aspek pengetahuannya (kognitif) daripada sikap (afektif), sehingga penilaiannya belum dilakukan secara berimbang antara aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap. Serta Kendala yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam melaksanaam manajemen pembelajaran seperti dalam mengelola kelas dengan baik yaitu guru mengalami kesulitan dalam mengelola kelas dikarenakan jumlah siswa yang yang terlalu banyak sehingga kelas susah untuk di kuasai, serta guru yang memiliki kendala dalam mengatasi siswa tingkah laku siswa yang berbeda-beda, seperti siswa yang memiliki latar belakang yang berbeda beda seperti siswa yang malas belajar, ribut di kelas dan lain-lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lazuardi, M.Ag dan Anwar Habibi Siregar, M.A.Hk |
Keywords: | Implementasi manajemen; Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 06 Mar 2024 03:31 |
Last Modified: | 06 Mar 2024 03:31 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10298 |
Actions (login required)
View Item |