Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penggunaan strategi ekspositori dalam proses pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Ulu Sosa Satu Atap Kabupaten Padang Lawas

Hasibuan, Eka Fitri Yanti (2023) Penggunaan strategi ekspositori dalam proses pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Ulu Sosa Satu Atap Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100227.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pelaksanaan guru dalam proses pembelajaran yang monoton bercerita sehingga ditemui siswa mengabaikan penjelasan guru dengan sibuk sendiri di belakang, dan siswa juga ribut di kelas dan tidak mendengarkan penjelasan guru. Pada saat penyampaian materi pembahasan guru sering kali menyebar kemana-mana sehingga keluar dari topik pembelajaran. Hal ini mengakibatkan materi yang disampaikan tidak dikuasai oleh siswa dengan baik. Guru sebagai sumber ilmu harus menguasai materi yang akan diajarkan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penggunaan strategi ekspositori dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam, dan faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Ulu Sosa Satu Atap Kabupaten Padang Lawas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan strategi pembelajaran ekspositori dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Ulu Sosa Satu Atap Kabupaten Padang Lawas dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Ulu Sosa Satu Atap Kabupaten Padang Lawas. Metodologi penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif untuk mendapatkan dan mengumpulkan data-data yang sesuai dengan kenyataan di lapangan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian langsung di lokasi untuk mengangkat fakta, keadaan, variabel, dan fenomena yang terjadi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, dan data sekunder. Instrumen penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu dengan pedoman wawancara, observasi dan studi dokumen. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, kecukupan resensi dan menghadiri penelitian. Hasil temuan peneliti di SMP Negeri 1 Ulu Sosa Satu Atap Kabupaten Padang Lawas menunjukkan bahwa guru telah menggunakan strategi ekspositori dengan langkah persiapan diawali membuka pembelajaran dengan salam, berdoa dan mengabsen, melakukan kegiatan literasi dan menciptakan obrolan ringan untuk meningkatkan semangat siswa dalam belajar. Langkah penyajian dengan menerangkan materi dengan pendekatan verbal. Langkah korelasi dengan memberikan contoh yang mudah ditemui oleh siswa atau dengan pengalaman-pengalaman yang sudah dilalui siswa. Langkah aplikasi dengan memberikan tugas latihan kepada siswa terkait materi. Langkah menyimpulkan dengan menyimpulkan pembelajaran bersama siswa di akhir pembelajaran, namun tidak membuat kesimpulan dengan mind map yang mudah dipahami siswa. Sedangkan hambatan yang terjadi berupa hambatan internal yang berasal dari guru itu sendiri, dan eksternal yang berasal dari siswa, dari media yang digunakan, dan dari lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Hamdan Hasibuan, M.Pd dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I
Keywords: Penggunaan strategi ekspositori; Proses pembelajaran; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 06 Mar 2024 03:22
Last Modified: 06 Mar 2024 03:22
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10297

Actions (login required)

View Item View Item