Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru di SMP Negeri 1 Kecamatan Puncak Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal

Lubis, Afifah (2023) Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru di SMP Negeri 1 Kecamatan Puncak Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100196.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah disiplin kerja guru SMP Negeri 1 Kecamatan Puncak Sorik Marapi masih kurang yang disebabkan kurangnya kesadaran guru terhadap tugas dan tanggung jawab guru sehingga menimbulkan disiplin kerja yang rendah. Rumusan masalah penelitian ini adalah adakah pengaruh signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru di SMP Negeri 1 Kecamatan Puncak Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal. Sedangkan Tujuannya untuk mengetahui pengaruh antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru di SMP Negeri 1 Kecamatan Puncak Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal. Metodologi yang digunakan adalah metodologi penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan ex-post facto. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 32 orang. Menurut Suharsimi Arikunto populasi di bawah 100 semua dijadikan sampel, maka penelitian ini merupakan penelitian populasi. Untuk memperoleh data penelitian ini adalah menggunakan instrumen angket dengan skala likert. Sedangkan untuk pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis regresi linear dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kofesien korelasi yang diperoleh r_hitung 0,661 > r_tabel 0,349 dan dari perhitungan regresi linear sederhana diperoleh persamaan regresi Y= 24,972= 0,422 X. Dengan membandingkan thitung dengan ttabel dimana pada penelitian ini thitung > ttabel atau 4,807 > 1,697 oleh karena itu H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian ada pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru di SMP Negeri 1 Kecamatan Puncak Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal. Dari hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru sebesar 43,6% yang artinya disiplin kerja guru dipengaruhi kepemimpinan kepala sekolah dan 56,4% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M.Si dan Dr. Erna Ikawati, M.Pd
Keywords: Kepemimpinan; Disiplin kerja; Kepala sekolah
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 06 Mar 2024 03:10
Last Modified: 06 Mar 2024 03:10
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10296

Actions (login required)

View Item View Item