Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Sikap moderasi beragama pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam di Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan Padangsidimpuan

Dalimunthe, Khairun Nisa (2023) Sikap moderasi beragama pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam di Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100189.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Secara sosiologis masyarakat Indonesia terdiri dari masyarakat yang majemuk yang terdiri dari segi suku, budaya, bahasa, adat istiadat dan agama. Moderasi beragama sangat perlu di kuasai oleh setiap orang khususnya mahasiswa. Sikap moderasi beragama harus dimiliki oleh setiap mahasiswa, karena sikap moderasi beragama merupakan kunci untuk mempersatukan bangsa. Mahasiswa harus mampu menguasai tiga komponen dalam moderasi beragama yaitu komponen kognitif, afektif dan konatif serta nilai- nilai modersai beragama. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana sikap moderasi beragama dalam komponen kognitif,afektif dan konatif pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam di Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap moderasi beragama dalam komponen kognitif, afektif dan konatif pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam di Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian mix methods (campuran), yaitu penelitian yang mengkombinasikan antara penelitian kualitatif dengan penelitian kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket dan wawancara yang bertujuan untuk mendapatkan hasil data yang komprehensif dan valid. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan hipotesis inferensial yaitu dengan menggunakan uji Z. Hasil penelitian tentang sikap moderasi beragama pada mahasiswa dalam komponen kognitif, afektif dan konatif di Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan Padangsidimpuan termasuk dalam kriteria tinggi dengan persentase sebesar 67%. Sikap moderasi beragama dalam komponen kognitif sebesar 65% dengan kriteria tinggi. Pada komponen kognitif mahasiswa mampu maenyebutkan pengertian moderasi beragama, mahasiswa mampu menyebutkan nilai-nilai moderasi beragama meskipun tidak semuanya, seperti wasathiyah, i’tidal, tasamuh dan musyawarah. Sikap moderasi beragama dalam komponen afektif sebesar 69% dengan kriteria tinggi. Pada komponen afektif mahasiswa sudah mampu menyikapi perbedaan yang muncul di lingkungan kampus, menerima ajaran agama lain selain agama islam dan menghargai sesama. Sikap moderasi beragama dalam komponen konatif sebesar 68% dengan kriteria tinggi. Pada komponen konatif mahasiswa mampu menerapkan nilai-nilai moderasi beragama di kampus seperti musyawarah, berbuat baik dengan yang non muslim, menghargai pendapat dan mampu berkomunikasi dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Magdalena, M.Ag dan Nursri Hayati, M.A
Keywords: Sikap; Moderasi beragama; Mahasiswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 06 Mar 2024 02:57
Last Modified: 06 Mar 2024 02:57
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10295

Actions (login required)

View Item View Item