Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Sikap moderasi beragama pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam di Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Siregar, Fitriani (2023) Sikap moderasi beragama pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam di Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100184.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Indonesia sebagai negara bangsa memiliki keunikan dengan keagamaan yang dimiliki dari segi suku, ras, adat istiadat, tradisi, budaya, bahasa, keyakinan dan kepercayaan dapat berbaur bersatu dalam ideologi Pancasila. Indonesia sebagai potensi luar biasa yang harus kita syukuri dengan cara menjaga dan merawatnya jangan sampai tercerai berai oleh paham ekstremisme dan radikalisme. Perlu adanya solusi untuk menjadi filter bekal hidup berbangsa yang harus ditanamkan dalam jiwa bangsa dengan mengambil jalan tengah. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui sikap moderasi beragama pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam di UIN Syahada Padangsidimpuan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana sikap moderasi beragama dalam komponen kognitif, afektif, dan konatif pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam di UIN Syahada Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian mix methods, yaitu metode yang menggabungkan antara metode kuantitatif dengan metode kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan wawancara yang bertujuan untuk memperoleh data yang lebih komprehensif valid, reliabel dan objektif. Pengujian hipotesis dalam dalam penelitian ini menggunakan hipotesis inferensial yaitu dengan menggunakan uji Z. Hasil penelitian terkait dengan sikap moderasi beragama pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam di Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan memiliki kategori “tinggi” dengan persentase 73%. Pada komponen kognitif mahasiswa mampu menyebutkan pengertian dan nilai nilai moderasi beragama, seperti nilai toleransi, nilai tawassuth, dan nilai i’tidal sedang nilai moderasi lainnya mereka kurang memahaminya. Sikap moderasi beragama pada komponen afektif diperoleh persentase skornya 75% dengan kategori tinggi. Pada komponen afektif mahasiswa dapat menghargai dan menghormati agama yang diyakini orang lain serta toleran terhadap pelaksanaan ibadah yang dianut pemeluk agama lain dan memiliki jiwa sosial. Sikap moderasi beragama dalam komponen konatif diperoleh persentase skornya 70% dengan kategori tinggi. Pada komponen konatif mahasiswa mampu mengimplementasikan sikap moderasi beragama dikampus

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Magdalena, M.Ag dan Nursri Hayati, M.A
Keywords: Sikap; Moderasi beragama; Mahasiswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 06 Mar 2024 02:27
Last Modified: 06 Mar 2024 02:27
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10293

Actions (login required)

View Item View Item