Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pola interaksi antara guru dan murid dalam proses peningkatan kedisiplinan di SMP Negeri 1 Portibi Kecamatan Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara

Harahap, Sri Paridatul Rahma (2023) Pola interaksi antara guru dan murid dalam proses peningkatan kedisiplinan di SMP Negeri 1 Portibi Kecamatan Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1720100223.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang pada pola interaksi antara guru dan siswa sebagai proses peningkatan kedisiplinan siswa, yang tentunya aka nada banyak sekali ditemukan berbagai masalah yang berkaitan dengan ketidakdisiplinan/pelanggaran kedisiplinan yang dilakukan oleh siswa. Ada berbagai macam bentuk ketidakdisiplinan yang biasanya siswa lakukan, baik di dalam kegiatan belajar mengajar maupun di luar kegiatan belajar mengajar. Contoh ketidakdisiplinan yang biasanya siswa lakukan diantaranya ialah, datang terlambat, tidak mau mengerjakan tugas, membolos, membawa hp ke sekolah, tidak memakai atribut yang sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan, mengikuti gaya rambut yang tidak sepantasnya untuk di tiru, bersikap tidak sopan terhadap guru dan sesame teman, dan lain sebagainya. Sehingga berawal dari berbagai permasalahan tersebut muncullah sebuah asumsi bahwasanya pola interaksi yang baikantara guru dengan siswa akan sangat berpengaruh pada peningkatan kedisiplinan siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pola interaksi guru dan siswa sebagai proses peningkatan kedisiplinansiswa di SMP Negeri 1 Portibi Kecamatan Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif model deskriptif. Metode yang berusaha menggambarkan atau mendiskripsikan objek sesuai adanya. Penelitian deskriptif ini pada umumnya dilakukan untuk menggambarkan secara sistematis fakta objek atau subjek yang diteliti secara tepat. Penelitian ini menggunakan instrumen pengumpulan data yang terdiri dari observasi dan wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian menemukan bahwa Pola Interaksi Antara Guru dan Siswa Sebagai Proses Peningkatan Kedisiplinan di SMP Negeri 1 Portibi Kecamatan Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara adalah terkait pola interaksi antara guru dan siswa berbentuk interaksi yang bersifat asosiatif, yang mana di dalamnya juga terdapat 2 pola pola interaksi yang mendukung. Kedua pola interaksi tersebut diantaranya ialah, pola intekasi dengan kepala sekolah, pola interaksi antara guru dan siswa, yang kedua pola interaksi tersebut saling berkaitan dan saling mempengaruhi satu sama lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I
Keywords: Pola interaksi; Guru dan siswa; Peningkatan kedisiplinan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 05 Mar 2024 05:00
Last Modified: 05 Mar 2024 05:00
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10286

Actions (login required)

View Item View Item