Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemasaran beras di Pasar Aek Godang Padang Lawas Utara

Harahap, Risdayanti (2023) Strategi pemasaran beras di Pasar Aek Godang Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1740200019.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Beras merupakan bahan pangan pokok bagi lebih dari 95 persen penduduk Indonesia. Petani padi menyediakan lapangan pekerjaan dan sebagai sumber pendapatan bagi jutaan rumah tangga pertanian. Pedangang beras di pasar Aek Godang Palang Lawas Utara merupakan lembaga usaha yang bergerak dalam bidang produksi beras. Dalam skripsi ini penulis menguraikan rumusan masalah, yaitu bagaimana strategi pemasaran beras di pasar Aek Godang Padang Lawas Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan kejelasan tentang bagaimana strategi pemasaran beras di pasar Aek Godang Peneliti menggunakan jenis penelitian studi lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Teori dalam penelitiaan ini adalah strategi pemasaran untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan harus mengenai target pasar, penempatan produk di pasar, bauran pemasaran, dan tingkat biaya pemasaran yang diperlukan. Strategi pemasaran harus mengenali konsumen-konsumen serta mampu mempelajari tekhnik pesaing dalam menarik minat konsumen dari produk barang, harga barang, saluran distribusi, dan promosi yang dilakukan oleh para pesaing. Penelitian ini menggunakan data kualitatif, dalam bentuk deskriptif. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitiaan ini adalah data primer san data sekunder. Data primer terdiri dari hasil wawancara tentang strategi pemasaran beras. Data sekunder adalah berupa informasi yang berhubungan dengan sterategi pemasaran beras. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam melakukan proses jual beli pedagang beras Pasar Aek Godang menerapkan beberapa strategi pemasaran yaitu a) strategi produk dengan menawarkan beberapa macam merek beras, dalam hal ini adalah menetapkan cara dan penyediaan produk yang tepat bagi pasar yang dituju. b) strategi penetapan harga yang ditetapkan berdasarkan beberapa pertimbangan, secara umum harga merupakan suatu nilai yang dijadikan patokan nilai suatu barang. c) strategi tempat/distribusi dengan melihat berbagai potensi pasar pada suatu wilayah, lokasi sangat menentukan, kelangsungan perusahaan kedepan dan sasaran konsumen sehingga produk dapat mencapai pasar yang dituju secara efektif dan efisien. d) strategi promosi adalah tindakan perencanaan, implementasi, dan pengendalian komunikasi dari organisasi kepada pelanggan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Delima Sari Lubis, M.A dan Damri Batubara, M.A
Keywords: Strategi; Pemasaran; Penjualan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 05 Mar 2024 03:38
Last Modified: 05 Mar 2024 03:38
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10282

Actions (login required)

View Item View Item