Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pembelajaran guru Bahasa Indonesia bagi siswa slow leaners dalam meningkatkan hasil belajar di Sekolah Dasar Negeri 343 Kubangan Tompek Batahan

Nasution, Herlina Yusroh (2023) Strategi pembelajaran guru Bahasa Indonesia bagi siswa slow leaners dalam meningkatkan hasil belajar di Sekolah Dasar Negeri 343 Kubangan Tompek Batahan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500184.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian Skripsi ini mengkaji tentang Strategi Pembelajaran Guru Bahasa Indonesia Bagi Siswa Slow Learner dalam Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar Negeri 343 Kubangan Tompek Batahan. Permasalahan yang terjadi di antaranya terdapat beberapa siswa yang cara belajarnya lambat dari teman sekelasnya, IQ anak yang relatif rendah dan kurangnya pemantauan dari kedua orang tuanya. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran belajar bagi anak slow learner dan juga mengetahui strategi apa saja yang dilakukan oleh guru dalam menghadapi anak yang slow learner. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana gambaran belajar anak yang slow learner di sekolah dasar negeri 343 kubangan tompek batahan, bagaimana strategi guru bahasa Indonesia dalam menghadapi anak slow learner di sekolah dasar negeri 343 kubangan tompek batahan. Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran belajar anak yang slow learner di sekolah dasar negeri 343 kubangan tompek batahan, mengetahui strategi guru dalam menghadapi anak slow learner di sekolah dasar negeri 343 kubangan tompek batahan. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini yakni Ibu Waliyah Mursida S.Pd selaku wali kelas dan guru bahasa Indonesia IVA, dan Siswa Slow Learner (Lambat Belajar) di kelas IVA. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mendapatkan kemudahan melalui gambaran yakni dapat menerima materi pelajaran, mengulang pembelajaran di rumah dan mengerjakan tugas. Adapun strategi guru dalam menyelesaikan masalah anak slow learner yakni menerapkan metode bervariasi, belajar sambil bermain, memilihkan tempat duduk yang tepat, memilih teman sebangku yang cerdas dan penolong, memotivasi anak bersungguh-sungguh dalam belajar dan menggunakan media pembelajaran yang tepat. Adanya usaha yang diberikan oleh ibu Waliyah Mursida S.Pd selaku guru Bahasa Indonesia dapat memberikan dampak yang besar terhadap siswa yang slow learner. Perubahan yang dilalui siswa slow learner dapat dijadikan sebagai pelajaran dan dapat dijadikan acuan dalam menghadapi anak slow learner.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag dan Lis Yulianti Syafrida Siregar, S.Psi., M.A
Keywords: Guru Bahasa Indonesia; Anak slow learner
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 05 Mar 2024 03:10
Last Modified: 05 Mar 2024 03:10
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10280

Actions (login required)

View Item View Item