Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pembinaan karakter building santriah di Pesantren Darussalam Kampung Banjir Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara

Siregar, Suyufi Marlina (2023) Pembinaan karakter building santriah di Pesantren Darussalam Kampung Banjir Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100339.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah terdapatnya santriah yang belum terpengaruh pada pembinaan karakter Building di Pesantren Darussalam Kampung Banjir kenyataan yang terjadi ada beberapa santriah belum sepenuhnya mengamalkan pembinaan karakter Building yang mereka pelajari di Pesantren Darussalam Kampung Banjir, masih banyak lagi yang melanggar paling banyak dalam hal tidak melaksanakan shalat subuh. Bahkan dengan fakta yang saya lihat masih banyak santriah yang jajan di kantin pada saat pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui dan menjelaskan bentuk kegiatan Pembinaan Karakter Building Santriah di Pesantren Darussalam Kampung Banjir Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif, yaitu penelitian yang berusaha untuk menuturkan pemecahan masalah yang ada berdasarkan kata-kata. Subjek penelitian yaitu santriah di Pesantren Darussalam Kampung Banjir tahun akademik 2022/2023. Tehnik pengumpulan data penelitian ini yaitu wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini yaitu : reduksi data, data display, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dari bentuk kegiatan pembinaan Karakter Building di Pesantren Darussalam Kampung Banjir Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara adalah 1) penyampaian materi pembinaan karakter 2) evaluasi karakter, dan 3) penerapan beberapa karakter tentang kehidupan berasrama dan menjelaskan tatacara yang baik dan benar ketika melakukannya. Santriah memandang tentang pembinaan Karakter Building bagus tapi masih perlu ditingkatkan kembali pengawasan dan diharapkan agar memperhatikan fasilitas yang minim, karena santriah kurang nyaman dengan minimnya fasilitas tersebut. Kemudian metode penyampaian materi Karakter Building perlu di variasikan lagi agar tidak bosan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd dan Dr. Zainal Efendi Hasibuan, M.A
Keywords: Persepsi; Pembinaan karakter building
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 05 Mar 2024 01:54
Last Modified: 05 Mar 2024 01:54
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10277

Actions (login required)

View Item View Item