Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model discovery learning pada pembelajaran tematik untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MIN 2 Padangsidimpuan

Lubis, Hasanah Dwi Fanshe (2023) Penerapan model discovery learning pada pembelajaran tematik untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MIN 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820500089.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas IV MIN 2 Padang Sidempuan. Hal ini dapat diketahui melalui hasil rata-rata nilai siswa yang tidak mencapai Ketuntasan Belajar Minimal (KBM). Pelaksanaan pembelajaran tematik masih menunjukkan kekurangan dan proses pembelajaran berjalan monoton dan juga tidak adanya model pembelajaran yang diterapkan sehingga hal ini berakibat pada hasil belajar yang dicapai oleh siswa. Salah satu cara yang bisa dikembangkan oleh guru adalah dengan menerapkan model discovery learning. Rumusan maslah pada penelitian ialah, Apakah model Discovery learning pada p pembelajaran tematik dapat meningkatkan hasil belajar siswa di MIN 2 Padangsidimpuan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui penerapan model discovery learning dalam pembelajaran tematik dapat meningkatkan hasil belajar siswa di MIN 2 Padangsidimpuan. Hasil penelitian ini terbukti pada saat sebelum dilakukannya tindakan nilai rata-rata siswa sebesar 53,33 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 28,57%. Setelah dilakukannya tindakan pada siklus I pertemuan ke-1 terdapat peningkatan nilai rata-rata kelas menjadi 65,71 dengan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 42,85 %. Kemudian pada pertemuan ke-2 nilai rata-rata kelas menjadi 72,23 dengan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 53,38%. Kemudian pada siklus II pertemuan ke-1 mengalami peningkatan nilai rata-rata kelas menjadi 69,52 dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa 66,67% dan pada pertemuan ke-2 nilai rata-rata kelas meingkat menjadi 78,09 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 80,95% sesuai dengan rencana dan tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti, sehingga penelitian ini dapat dihentikan karena jumlah siswa yang tuntas (mencapai skor 75 ke atas sebanyak 17 siswa) dengan kata lain siswa sudah tuntas belajar. Dengan demikian hipotesis dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Zulhammi, M.Ag., M.Pd dan Maulana Arafat Lubis, M.Pd
Keywords: Hasil belajar; Model discovery learning; Pembelajaran tematik
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 05 Mar 2024 01:31
Last Modified: 05 Mar 2024 01:31
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10275

Actions (login required)

View Item View Item