Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis pengaruh indeks pembangunan manusia, PDRB per kapita, dan jumlah pengangguran terhadap jumlah penduduk miskin di Provinsi Sumatera Utara

Sipahutar, Sindi Rahayu (2023) Analisis pengaruh indeks pembangunan manusia, PDRB per kapita, dan jumlah pengangguran terhadap jumlah penduduk miskin di Provinsi Sumatera Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1740200004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah karena adanya ketidaksesuaian teori dengan fakta lapangan yang ada. Adapun fenomena IPM yang terjadi yaitu pada tahun 2020 angka IPM meningkat akan tetapi jumlah kemiskinan juga meningkat. Fenomena yang terjadi pada PDRB yaitu tahun 2020 PDRB per kapita meningkat sedangkan jumlah kemiskinan juga meningkat. Sedangkan fenomena yang terjadi pada pengangguran yaitu tahun 2020 jumlah pengangguran mengalami penurunan akan tetapi jumlah kemiskinan juga meningkat. Teori yang dibahas peneliti terkait dengan bidang ilmu Ekonomi. Pendekatan teori ini juga berkaitan dengan masalah yang diteliti yaitu indeks pembangunan manusia, PDRB per kapita, pengangguran dan kemiskinan serta pendukung teori lainnya. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder. Metode regresi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode regresi data panel. Adapun analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis, dan koefisien determinasi (R2) dengan pengolahan data menggunakan software EViews versi 9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Indeks Pembangunan Manusia (IPM) secara parsial tidak berpengaruh terhadap jumlah kemiskinan di Provinsi Sumatera Utara. PDRB per kapita secara parsial berpengaruh terhadap jumlah kemiskinan di Provinsi Sumatera Utara. Jumlah pengangguran secara parsial berpengaruh terhadap jumlah kemiskinan di Provinsi Sumatera Utara. Indeks Pembangunan Manusia (IPM), PDRB per kapita dan jumlah pengangguran secara simultan berpengaruh terhadap jumlah kemiskinan di Provinsi Sumatera Utara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Delima Sari Lubis, M.A dan Adanan Murroh Nasution, M.A
Keywords: Indeks pembangunan manusia; Pengangguran; Kemiskinan; PDRB per kapita
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140218 Urban and Regional Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 04 Mar 2024 04:48
Last Modified: 04 Mar 2024 04:48
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10273

Actions (login required)

View Item View Item