Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh penggunaan pendekatan matematika realistik terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan pecahan di Kelas IV SD N Sibulan-Bulan

Handayani, Safrida (2023) Pengaruh penggunaan pendekatan matematika realistik terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan pecahan di Kelas IV SD N Sibulan-Bulan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1620500015.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Hasil Belajar merupakan bukti keberhasilan yang telah dicapai siswa dimana setiap kegiatan dapat menimbulkan suatu perubahan yang khas, dalam hal ini hasil belajar meliputi keaktifan,keterampilan proses, motivasi dan prestasi belajar. Sedangkan yang dinamakan Pendekatan Matematika Realistik merupakan suatu teori dalam pendidikan Matematika yang berdasarkan pada ide bahwa Matematika adalah aktivitas manusia sehari-hari siswa sebagai suatu sumber pengembangan dan sebagai area aplikasi kehidupan nyata. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengkaji, menyelidiki dan memeriksa lebih jauh mengenai pengaruh penggunaan pendekatan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Siswa pada pokok bahasan pecahan di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 200223 Sibulan-bulan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ataupun menjelaskan pengaruh penggunaan pendekatan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Siswa yang meliputi masalah-masalah yang dihadapi siswa, apa saja yang menyebabkan rendahnya hasil belajar dan pengaruh penggunaan pendekatan Matematika Realistik terhadap siswa. Hasil belajar tidak selalu disebabkan karena pengetahuan (kognitif), akan tetapi dapat juga disebabkan karena factor lain di luar pengetahuan. Dengan demikian IQ yang tinggi belum tentu menjamin keberhasilan belajar. Dapat dikatakan keberhasilan siswa dalam mencapai hasil belajar pada setiap siswa berbeda, hasil belajar pada pokok bahasan pecahan ditunjukan dengan prestasi yang diperoleh siswa atau dengan pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru.. Penelitian ini menggunakan kuantitatif metode eksperimen serta desain Randomized Control Group Pretest and Posttest Design, pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan Tes, terdapat pada kelas IV A sebanyak 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebanyak 18 sebagai kelas kontrol. Dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian ini meliputi ada pengaruh penggunaan pendekatan Matematika Realistik terhadap hasil belajar, hasilnya diperoleh dari thitung > ttabel dengan taraf nyata 5 % sehingga diperoleh hasilnya 1,808 > 1,697 dengan perbedaan rata-rata pada kelas eksperimen dan kelas control dengan nilai keduannya 73,5 dan 65.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Almira Amir, M.Si dan Suparni, S.Si., M.Pd
Keywords: Pendekatan matematika realistik; Hasil belajar; Pecahan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 04 Mar 2024 04:42
Last Modified: 04 Mar 2024 04:42
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10272

Actions (login required)

View Item View Item