Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan baca tulis al-Qur’an siswa di Kelas VIII SMP N 3 Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal

Dalimunte, Pauziah (2023) Upaya guru pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan baca tulis al-Qur’an siswa di Kelas VIII SMP N 3 Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100254.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Al-Qur’an merupakan pedoman hidup umat muslim. Rendahnya motivasi siswa dalam belajar Al-Qur’an masih merupakan sakah satu penyebab rendahnya mutu pendidikan terutama dalam kemampuan membaca Al-Qur’an. Salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi belajar baca tulis Al-Qur’an adalah denggan menggunakan metode pembelajaran yang tepat dan sesuai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an di kelas VIII SMP N 3 Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal dan mengetahui apa faktor penghambat dan faktor pendukung dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an di kelas VIII SMP N 3 Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal. Jenis penelitian ini adalah deskriftif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Kemudian untuk mengecek keabsahan data menggunakan trianggulasi yaitu membandungkan data yang didapati dengan sumber yang ada. Pengelolaan data diambil dari ketika peneliti dilapangan dan setelah dikumpulkan data dari lapangan. Hasil penelitian ini dapat menyimpulkan bahwa upaya guru Pendidikan Agama Islam si SMP N 3 Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal dilakukan dalam proses penyampaiaan secara permakhraj, guru mengulang-ulang bacaan Al-Qur’an siswa, tadarusan selama 15 menit sebelum memulai pembelajaran, memberikan nasehat atau motifasi yang sifatnya membangun, menerapkan pembelajaran dengan menggunakan metode halaqoh dengan membentuk sistem lingkaran untuk para siswa. Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan baca tulis Al-Qur’an siswa di kelas VIII SMP N 3 Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal juga sudah terlaksana dengan baik. Faktor pendukung guru dalam mengatasi kesulitan baca tulis Al-Qur’an siswa di kelas VIII SMP N 3 Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal yaitu pembiasaan, Metode Pembelajaran dan guru berperan aktif sebagai sahabat. Sedangkan yang menjadi faktor penghambatnya yaitu terbatasnya waktu pembelajaran dan kepribadian siswa yang masih labil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Irwan Saleh Dalimunte, M.A dan Erna Ikawati, M.Pd
Keywords: Upaya guru; Kesulitan membaca Al-Qur’an
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 04 Mar 2024 02:34
Last Modified: 04 Mar 2024 02:34
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10263

Actions (login required)

View Item View Item