Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Efektivitas Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2018 tentang izin pemanfaatan ruang terhadap perizinan tempat hiburan di Labuhanbatu

Sihombing, Nurbayni (2023) Efektivitas Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2018 tentang izin pemanfaatan ruang terhadap perizinan tempat hiburan di Labuhanbatu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1910300002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang Efektivitas Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2018 Tentang Izin Pemanfaatan Ruang Terhadap Perizinan Tempat Hiburan Di Labuhanbatu, masalah dalam penelitian ini yaitu kurang nya efektivitas Peraturan Daerah terhadap perizinan tempat hiburan, dan faktor pendukung dan penghambat terhadap perizinan tempat hiburan. Dari permasalahan tersebut peneliti tertarik untuk mengetahui lebih dalam tentang efektivitas peraturan daerah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatakan kualitatif. Adapun sumber data dalam penelitian ini, data primer yang diperoleh melalui kantor Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Labuhanbatu data sekunder merupakan data yang diperoleh untuk menunjang penelitian yang diperoleh secara tidak langsung melalui media perantara dan dicatat oleh pihak lain atau dokumen. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara,dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian adalah Peraturan Daerah yang dijalankan oleh Dinas Penananam Moda Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu selaku bagian organisasi yang bertugas mengeluarkan perizinan hanya melakukan sistem pengawasan insidentil yang dilakukan berdasarkan laporan/pengaduan masyarakat. Padahal Pengawasan ini seharusnya dilaksanakan melalui dua tahap sertifikat usaha yang meliputi sertifikat awal dan survalian yang dilaksanakan sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun sekali. Tetapi Dinas Penanaman Modal hanya melakukan sistem pengawasan jika ada aduan masyarakat, ini mengakibatkan tempat hiburan yang sudah tidak mendapatkan izin masih berdiri. Faktor pendukung, pelayanan sarana dan prasarana yang memadai membantu pelayanan perizinan pada masyarakat lebih efektif dan efesien. Dinas Penanaman Modal terus berbenah diri untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Dinas Penanaman Modal sudah melakukan sistem online dan memudahkan masyarakat untuk mendaftar izin usaha nya. Faktor penghambat aparat tidak bertindak tegas terhadap tempat perizinan yang melanggar aturan, begitu lemahnya juga efek jera yang mereka peroleh. Sosialisasi kepada masyarakat juga masih minim dilakukan, sosialisasi yang dilakukan hanya dilaksanakan terhadap calon pengusaha yang ingin memulai usahanya saja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ahmatnijar, M.Ag dan Khoiruddin Manahan Siregar, M.H
Keywords: Efektivitas; Perizinan; Tempat hiburan
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180108 Constitutional Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180111 Environmental and Natural Resources Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 04 Mar 2024 02:03
Last Modified: 04 Mar 2024 02:03
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10260

Actions (login required)

View Item View Item