Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Bady shaming prespektif tafsir al-Mishbah karya Muhammad Quraish Shihab dalam Qur’an Surat Al-Hujurat: 11

Koto, Siti Nurhadijah (2023) Bady shaming prespektif tafsir al-Mishbah karya Muhammad Quraish Shihab dalam Qur’an Surat Al-Hujurat: 11. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1810500013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Masalah penelitian ini adalah banyak di jaman sekarang ini body shaming sering terjadi di kehidupan sehari-hari, bahkan sangat mudah ditemui di media sosial. body shaming adalah tindakan merendahkan, mengkritik, atau mengejek penampilan fisik seseorang. Body shaming dapat terjadi baik secara langsung misalnya, komentar yang ditujukan secara langsung kepada seseorang maupun secara tidak langsung misalnya, lewat komentar di media sosial atau tekanan untuk memenuhi standar kecantikan yang tidak realistis. hal ini terjadi karena penilaian sosial terhadap penampilan fisik mempengaruhi sudut pandang terhadap diri mereka sendiri atau orang lain. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan library reasearch, yang mengumpukan sumber data berupa bahan-bahan pustaka yang bersifat primer dan sekunder. Sumber data primer dalam penelitian ini yaitu Tafsir Al-Mishbah dan sumber data sekunder dalam penelitian ini yaitu jurnal, buku karya ilmiah yang berkaitan dengan permasalahan ini Adapun hasil penelitian ini menurut Tafsir Al-Mishba body shaming ini merupakan suatu perbuatan yang tidak baik dalam islam, karena perbuatan tersebut dapat merugikan berbagai pihak. Orang yang mencela akan mendapatkan dosa dan orang yang dicela akan merasa tersakiti. Dan bisa menimbulkan ketidak keharmonisan dalam sebuah keluarga dan hubungan dapat menjadi permusuhan dalam pertemanan. tidak saling mencela dalam hal ini adalah bentuk dari persaudaraan, dan ayat ini larangan mencelanya dikhususkan pada pemberian gelar yang secara terus menerus tiada berakhir (tidak mengenal waktu), dan pemberian gelar itu merupakan suatu perbuatan yang buruk dan ayat ini menganjurkan untuk meninggalkan perbuatan julukan yang menunjukkan keburukan itu. Dan julukan yang dimaksud adalah julukan yang disertai dengan perasaan membenci dan perasaan meremehkan atau merendahkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hasiah, M.Ag dan Dahliati Simanjuntak, M.A
Keywords: Bady shaming; Prespektif; Tafsir Al-Mishbah
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum > Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 01 Mar 2024 09:38
Last Modified: 01 Mar 2024 09:38
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10259

Actions (login required)

View Item View Item