Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Problematika pembelajaran fiqih siswa Kelas VII-A MTs Al-Hidayah Desa Teluk Panji IV Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan

Sartika, Rizki Ninda (2023) Problematika pembelajaran fiqih siswa Kelas VII-A MTs Al-Hidayah Desa Teluk Panji IV Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1720100131.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini karena peserta didik di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Hidayah kurangnya minat dalam pembelajaran, tidak memperhatikan guru pada saat pembelajaran, ribut dalam ruangan. Oleh karena itu peneliti ingin mencari data tentang problematika Pembelajaran Fikih pada Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Hidaya Desa Teluk Panji IV Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Rumusan masalah penelitian ini apa saja problematika dalam pembelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Hidayah Desa Teluk Panji IV Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan, bagaimana solusi problematika pembelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Hidayah desa teluk panji IV kecamatan kampung rakyat kabupaten labuhanbatu selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika dalam pembelajaran Fikih pada Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Hidayah Desa Teluk Panji IV Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan, dan solusi problematika pembelajaran Fikih pada Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Hidayah Desa Teluk Panji IV Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriftif. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan wawancara. Sumber data yang dibutuhkan yaitu (kepala sekolah, guru pembelajaran Fikih, dan siswa/siswi). Teknik penjamin keabsahan data adalah perpanjangan keikutsertaan dan triagulasi. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian ini, bahwa problematika dalam pembelajaran Fikih pada Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Hidayah Desa Teluk Panji IV Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan adalah: siswa membuat keributan, materi yang padat, media yang kurang tersedia kecerdasan yang berbeda-beda, perhatian siswa, minat peserta didik dalam pembelajaran, dan sarana prasaran. Sedangkan Solusi problematika pembelajaran Fikih pada Madrasa Tsanawiyah (MTs) Al-Hidayah Desa Teluk Panji IV Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan adalah meningkatkan sertifikasi guru, mengikuti pelatihan, dan mengikuti pendidikan karakter.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Hj. Tatta Herawati Daulae, M.A dan Latifa Annum Dalimunte, S.Ag., M.Pd.I
Keywords: Problematika; Pembelajaran fikih siswa kelas vii
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 01 Mar 2024 08:59
Last Modified: 01 Mar 2024 08:59
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10257

Actions (login required)

View Item View Item