Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis pembelajaran tahfidz al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidz Wadi Al-Qur’an Kota Padangsidimpuan

Lubis, Anita Sari (2023) Analisis pembelajaran tahfidz al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidz Wadi Al-Qur’an Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100218.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah Pondok Pesantren Tahfizh Wadi Al-Qur’an kota Padangsidimpuan dalam masa empat tahun berdiri telah mewisudakan hafidz/ah 30 juz. Hal ini menjadi sebuah keunikan tersendiri dari pesantren tahfidz lainnya. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk menganalisis bagaimana sistem pembelajaran tahfidz di pesantren ini baik yang terkait dengan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Rumusan masalah bagaimana proses pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di pondok pesantren tahfizh wadi Al-Qur’an padangsidimpuan?, apa saja faktor pendukung proses pembelajaran tahfidz di pondok pesantren tahfizh wadi Al-Qur’an padangsidimpuan?, apa saja faktor pendukung proses pembelajaran tahfidz di pondok pesantren tahfizh wadi Al-Qur’an Padangsidimpuan?, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di pondok pesantren tahfizh wadi Al-Qur’an padangsidimpuan, untuk mengetahui faktor pendukung proses pembelajaran tahfidz di pondok pesantren tahfizh wadi Al-Qur’an padangsidimpuan, untuk mengetahui faktor pendukung proses pembelajaran tahfidz di pondok pesantren tahfizh wadi Al-Qur’an Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang yang perilaku yang dapat diamati dengan instrumen penelitiannya menggunakan pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan data reduction (merangkum data), data display (penyajian data) dan conclusion drawing/verification (kesimpulan). Hasil penelitian ini adalah, 1) Proses pelaksanaan pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di pondok pesantren tahfizh wadi Al-Qur’an di bagi menjadi tiga tahapan yaitu a) perencanaan yaitu santri/ah mempersiapkan hafalan mereka di asrama sebelum pembelajaran dimulai, b) pelaksanaan yaitu pembelajaran tahfidz Al-Qur’an ini dilaksanakan pada pagi hari di dalam kelas mulai dari jam 07.00-08.30 WIB. Santri/ah dapat menyetorkan hafalan minimal satu halaman yang telah dikuasai kepada ustadz/ah pengasuh tahfidz, c) evaluasi yaitu adanya sambung ayat antara ustadz/ah dengan santri/ah, muraja’ah dan evaluasi melalui rapat dan diskusi oleh para ustadz/ah terhadap masalah-masalah yang ada ketika pembelajaran tahfidz seperti santri/ah yang tertinggal hafalannya akan dimotivasi dan diberikan hadiah. 2) Faktor pendukung pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di pondok pesantren tahfizh wadi Al-Qur’an padangsidimpuan yaitu: a) adanya niat dan kemauan, b) dukungan dari orangtua, c) ustadz/ah merupakan hafidz/ah Al-Qur’an, d) lingkungan yang nyaman, e) adanya reward atau piagam penghargaan, f) fasilitas yang memadai. 3) faktor penghambat pembelajaran tahfidz di pondok pesantren tahfizh wadi Al-Qur’an yaitu: a) lemahnya bacaan Al-Qur’an santri/ah, b) kemampuan menghafal yang berbeda-beda, c) sifat malas, d) Adanya ayat yang susah dihafal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Hj. Tatta Herawati Daulae, M.A dan Nursri Hayati, M.A
Keywords: Analisis; Pembelajaran; Tahfidz al-Qur’an
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 01 Mar 2024 08:23
Last Modified: 01 Mar 2024 08:23
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10254

Actions (login required)

View Item View Item