Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Efektivitas bimbingan individual dalam memotivasi kepercayaan diri santri Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Ulum Desa Sinunukan III Kecamatan Sinunukan Kabupaten Mandailing Natal

Safitri, Heni Nur (2023) Efektivitas bimbingan individual dalam memotivasi kepercayaan diri santri Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Ulum Desa Sinunukan III Kecamatan Sinunukan Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1930200077.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Kepercayaan diri adalah sikap positif seorang individu yang memampukan dirinya untuk mengembangkan penilaian positif, baik terhadap diri sendiri maupun terhadap lingkungan/situasi yang dihadapinya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kepercayaan diri santri di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Ulum khususnya pada santri usia dini yakni malu, takut untuk maju ke depan, pendiam, minder, dan ragu-ragu dalam menjawab pertanyaan. Kurangnya kepercayaan diri pada santri dapat mempengaruhi dirinya dalam beradaptasi dengan lingkungan, sehingga dalam berinteraksi santri menjadi canggung dan tidak berani bertindak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari bimbingan individual dalam memotivasi kepercayaan diri santri Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Ulum dengan melalui tujuh tahap yang berisi lima indikator. Teori yang digunakan adalah teori behavioral. Behavior yaitu sebuah proses konseling yang diberikan oleh konselor kepada konseli dengan menggunakan pendekatan-pendekatan tingkah laku, dalam hal pemecahan masalah-masalah yang dihadapi serta dalam penentuan arah kehidupan yang ingin dicapai oleh diri konseli. Penelitian ini berjenis penelitian tindakan lapangan dengan metode kualitatif analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data primer dari penelitian ini berjumlah 10 orang, yaitu 8 santri Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Ulum dan 2 tenaga pendidik, dan sumber data sekunder terdiri dari 4 orangtua dan 3 orang tetangga. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat diketahui bahwa bimbingan individual dalam memotivasi kepercayaan diri santri Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Ulum dapat mengubah ketidakpercayaan diri santri menjadi lebih baik. Pemberian layanan bimbingan individual berdampak pada santri ketika mereka telah mencapai indikator yang telah ditetapkan oleh peneliti. Hasil tersebut dapat dilihat bahwa santri Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Ulum di Desa Sinunukan III mengalami perkembangan, dari sifat malu dan takut untuk maju kedepan, pada akhirnya sifat tersebut berubah menjadi lebih baik. Proses layanan bimbingan individual dalam memotivasi kepercayaan diri santri Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Ulum terbukti efektif, peneliti berhasil menerapkan sifat percaya diri pada santri sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Agus Salim Lubis, M.Ag dan Masrul Efendi Umar Harahap, M.Sos
Keywords: Bimbingan; Individual; Kepercayaan diri; Santri
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 01 Mar 2024 03:38
Last Modified: 01 Mar 2024 03:38
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10249

Actions (login required)

View Item View Item