Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pola bimbingan orang tua dalam mengatasi kecanduan merokok pada remaja di Desa Gading Kecamatan Barumun Barat Kabupaten Padang Lawas

Hasibuan, Netti Andriani (2023) Pola bimbingan orang tua dalam mengatasi kecanduan merokok pada remaja di Desa Gading Kecamatan Barumun Barat Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1930200029.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pola bimbingan orang tua dalam mengatasi kecanduan merokok pada remaja awal, yang berumur 11-15 tahun, dimana remaja merasa tidak di perhatikan atau kurang kasih sayang karena orang tuanya sibuk bekerja. Sehingga muncul rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya merokok pada remaja awal, dan bagaimana pola bimbingan orang tua dalam mengatasi kecanduan merokok pada remaja awal di Desa Gading Kecamatan Barumun Barat Kabupaten Padang Lawas. Tujuan penelitian ini membahas tentang pola bimbingan orang tua, remaja, perilaku merokok, dan faktor penyebab terjadinya merokok pada remaja awal di desa Gading kecamatan barumun barat kabupaten padang lawas. Penelitian ini adalah jenis penelitianlapangan (fild research) yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Ternik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi non partisipan, dan wawancara tidak terstuktur serta dokumentasi yang berupa foto-foto pada saat wawancara. Informan dalam penelitian ini adalah orang tua, remaja, dan tetangga/masyarakat terdekat remaja yang merokok. Orang tua berjumlah 11, remaja merokok berjumlah 6 orang, dan tetangga berjumlah 6 rumah tangga. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor penyebab terjadinya merokok pada remaja awal di Desa Gading Kecamatan Barmun Barat Kabupaten Padang Lawas adalah faktor dari orang tua, teman sebaya, faktor kepribadian dan pola bimbingan orang tua dalam mengatasi kecanduan merokok pada remaja awal seperti menasehati/membimbing, dan mendidik. Adapun pola bimbingan yang digunakan para orang tua dalam mengatasi merokok pada remaja awal yaitu : Pola bimbingan otoriter merupakan orang tua dengan tipe pola bimbingan ini biasanya cenderung membatasi dan menghukum. Pola bimbingan demokratis/otoritatif merupakan gaya otoritatif bersifat positif dan mendorong anak-anak untuk mandiri, namun orang tua tetap menempatkan batas-batas dan kendali atas tindakan mereka. Namun kebebasan itu tetap diiringi dengan bimbingan yang penuh pengertian antara orang tua dan anak, dan yang trakhir Pola bimbingan permisif yaitu membiarkan pola ini memandang anak sebagai makhluk hidup yang berpribadi bebas. Anak adalah subjek yang dapat bertindak dan berbuat menurut hati nuraninya. Orang tua membiarkan anaknya mencari dan menentukan sendiri apa yang diinginkannya. Kebebasan sepenuhnya diberikan kepada anak. Orang tua seperti ini cenderung kurang perhatian dan acuh tak acuh terhadap anaknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Anas Habibi Ritonga, S.Sos.I. M.A dan Dr. Fauzi Rizal, S.Ag., M.A
Keywords: Pola; Bimbingan; Kecanduan; Merokok
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 28 Feb 2024 09:06
Last Modified: 28 Feb 2024 09:06
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10241

Actions (login required)

View Item View Item