Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh harga dan lokasi terhadap minat konsumen membeli pada UD. Pabol di Kecamatan Padang Bolak

Siregar, Afrika (2023) Pengaruh harga dan lokasi terhadap minat konsumen membeli pada UD. Pabol di Kecamatan Padang Bolak. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840200198.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan zaman, dunia usaha yang semakin ketat menyebabkan timbulnya persaingan-persaingan antar sesama bisnis dalam memperoleh pelanggan serta keuntungan. UD. Pabol di Kecamatan Padang Bolak mengalami penurunan, karena harga cukup mahal dan lokasi yang kurang nyaman. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh harga dan lokasi secara parsial dan simultan terhadap minat konsumen membeli. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh harga dan lokasi secara parsial dan simultan terhadap minat konsumen membeli pada UD. Pabol di Kecamatan Padang Bolak. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu manajemen pemasaran. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan minat konsumen membeli yang meliputi harga dan lokasi serta aspek-aspek bagian tertentu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 69 responden. Sumber data penelitian yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket (kuesioner). Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik (uji multikolinearitas, heteroskedastisitas dan linearitas), uji hipotesis (uji t dan uji f), uji koefisien determinasi (R Square), uji analisis regresi linear berganda dengan menggunakan statistik SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial (Uji t) bahwa variabel harga berpengaruh terhadap minat konsumen membeli dengan nilai thitung > ttabel (2,317 > 1,668). Secara persial (Uji t) variabel lokasi tidak memiliki pengaruh terhadap minat konsumen membeli dengan nilai thitung < ttabel (1,281 < 1,668). Hasil uji secara simultan (Uji F) menyatakan secara simultan harga dan lokasi mempunyai pengaruh terhadap minat konsumen membeli yang dapat dibuktikan dengan melihat nilai Fhitung > Ftabel (4,928 > 3,14). Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,130 yang artinya harga dan lokasi mampu menjelaskan variabel minat konsumen membeli sebesar 13,0% sedangkan sisanya 87,0% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak menjadi fokus dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nofinawati, S.E.I., M.A dan Arti Damisa, S.H.I., M.E.I
Keywords: Minat konsumen membeli; Harga; Lokasi
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 28 Feb 2024 04:30
Last Modified: 04 Mar 2024 07:49
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10234

Actions (login required)

View Item View Item