Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi komunikasi penyiar RAU FM dalam menarik minat pendengar

Hasanah, Uswatun (2023) Strategi komunikasi penyiar RAU FM dalam menarik minat pendengar. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1730100019.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi penyiar RAU FM dalam menarik minat pendengar karena penyiar RAU FM sering sekali berganti setidaknya sekali dalam 3 bulan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja program acara RAU FM dan strategi penyiar RAU FM. Jenis penelitian ini yaitu jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan menggunakan teori AIDDA yaitu Attention (perhatian), Interest (minat), Desire (keinginan), Decesion (keputusan), dan Action (tindakan). Penelitian ini berlokasi di RAU FM Padangsidimpuan yang beralamat di Jln Sudirman Ex Merdeka no 219 Kota Padangsidimpuan. Informan penelitian ini adalah penyiar, pimpinan, admin RAU FM, dan pendengar RAU FM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program acara RAU FM terdiri dari Selamat Pagi Sidimpuan pukul 07.00-12.00 WIB, Duta (Dunia Kita) pukul 10.00-12.00 WIB, RAU Memory 12.00-14.00, Ketabo Tu Sidimpuan : Senin-Jum’at pukul 14.00-16.00, RAU Slow Down : setiap pukul 16.00-20.00, Program Anak-anak pukul 09:00-10:00 WIB, Kita dan Budaya, 10.00-12.00 WIB, Program Religius pukul 00:00-11.00 WIB, Request Weekend pukul 14.00-16.00 WIB, Night With Us pukul 20.00-24.00 WIB, Karaoke Malam Minggu pukul 20.00-22.00 WIB, Berbalas Pantun pukul 20.00-22.00 WIB, dan Jum’at Berkah setiap hari Jum’at pagi. Strategi komunikasi penyiar yang digunakan dalam menarik minat pendengar yaitu, Strategi Perhatian (Attention), selalu menanyakan kabar dan minat pendengar setiap kali siaran. Strategi Ketertarikan (Interest), dengan menyusun skrip siaran dan menggunakan kalimat ajakan seperti yuk request lagu kesayangan kamu, sudah tahukah anda manfaat meminum air lemon?. Strategi Keinginan (Desire), dengan memanfaatkan media sosial dan aplikasi yang digandrungi saat ini seperti Instagram dan Tiktok. Strategi Keputusan (Decision), membuat jadwal masuk penyiar dan SOP penyiaran. Strategi Tindakan (Action) dengan membuat live report, bekerja sama dengan medi-media lain seperti KBR Jakarta, Voice of America, label musik seperti Nagaswara dan AFE Record, survey pendengar dan evaluasi penyiar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Sholeh Fikri, M.Ag dan Barkah Hadamean Harahap, M.I.Kom
Keywords: Radio; Strategi komunikasi; AIDDA
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 27 Feb 2024 03:05
Last Modified: 27 Feb 2024 03:05
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10229

Actions (login required)

View Item View Item