Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis strategi pemasaran Usaha Dagang Mak Safma di Kecamatan Kota Pinang

Irmayani, Widya (2023) Analisis strategi pemasaran Usaha Dagang Mak Safma di Kecamatan Kota Pinang. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940200042.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Usaha Dagang Mak Safma yaitu bergerak pada kuliner makanan, produk utama yang di pasarkan adalah bakso. Pelaku usaha harus jeli dalam memanfaatkan peluang bisnis yang ada, untuk mendapatkan kepuasan proses keputusan pembelian konsumen pemilik harus membuat ide yang sesuai dengan ketertarikan terhadap produk yang akan di pasarkan. Untuk itu membangun strategi dalam usaha dagang melihat lokasi atau tempat sangat perlu sebab konsumen adalah orang pertama yang akan ditujuh. Jadi dari Permasalahan Usaha Dagang Mak Safma masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang usaha dagangannya. Tujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan khususnya bagian masyarakat Kecamatan Kota Pinang. Teori digunakan dalam penelitian ini yaitu pemasaran adalah yang membuat individu atau kelompok apa yang mereka butuhkan dengan menciptakan, menawarkan produk yang bernilai kepada pihak yang bersangkutan atau konsumen. Tujuannya untuk meningkatkan penjualan dan laba dalam menguasai pasar. Strategi sering kali terkadung proses perencanaan suatu perusahaan, berdasarkan bauran pemasaran yang terdiri dari tujuh elemen (Marketing Mix) yang dapat dikuasai oleh perusahaan antara lain, produk, harga, lokasi, promosi, orang, sarana fisik, dan proses. Serta usaha setiap manusia untuk melakukan kegiatan yang menghasilkan. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif untuk memahami tentang apa yang dialami peneliti dengan cara mendeskripsikan berdasarkan sumber data primer yang diambil dari lapangan. Instrumen pengumpulan data dengan observasi kelapangan, wawancara dengan tanya jawab dan dokumentasi berupa bentuk foto. Sedangkan teknik pengelolahan menggunakan analisis matriks SWOT untuk perencanaan strategi usaha dagang serta faktor kekuatan (Strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (Opportunities), dan ancaman (Threats) dalam memabangun bisnis yang ingin maju. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pengamatan analisis yang dilakukan peneliti dalam strategi pemasaran usaha dagang yaitu suatu proses yang membuat individu atau kelompok untuk menawarkan dan menukarkan produk yang bernilai kepada pihak lain, atau segala kegiatan yang menyangkut penyampaian produk ke konsumen untuk mendaparkan laba sejumlah keuntungan yang berupa nilai dari hasil produk kuliner yang dimiliki. Hal ini, Usaha Dagang Mak Safma hanya melalui promosi melalui media sosial saja, karena jika secara langsung karyawan yang dimiliki cukup terbatas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Azwar Hamid, M.A dan Ja’far Nasution, M.E.I
Keywords: Analisis SWOT; Strategi pemasaran; Usaha dagang
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 26 Feb 2024 05:10
Last Modified: 26 Feb 2024 05:10
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10223

Actions (login required)

View Item View Item