Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi guru fikih dalam membina pengamalan ibadah salat siswa MTs melalui kegiatan ekstrakurikuler di Pondok Pesantren Modern Darussalam Simpang Limun Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhanbatu Selatan

Harahap, Siti Nurmanita (2023) Strategi guru fikih dalam membina pengamalan ibadah salat siswa MTs melalui kegiatan ekstrakurikuler di Pondok Pesantren Modern Darussalam Simpang Limun Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820100242.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang dari permasalahan ini adalah ada beberapa siswa yang kurang dalam pengamalan ibadah salat dan menunda-nunda waktu ibadah salat, Karena terpengaruh alat tekhnologi atau Hp dan dengan orang disekitarnya. Strategi guru fikih dalam membina pengamalan ibadah salat siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler ini sangat penting, karena keberhasilan pembelajaran itu tergantung bagaimana guru mengaplikasikan strategi dalam membina pengamalan ibadah salat melalui kegiatan ekstrakurikuler. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Gambaran Pengamalan Ibadah Salat Siswa MTs. 2) Apa Saja Strategi Guru Fikih dalam Membina Pengamalan Ibadah Salat Siswa MTs. 3) Apa Saja Faktor Kendala Guru Fikih Fikih dalam Membina Pengamalan Ibadah Salat Siswa MTs 4) Bagaimana Guru Fikih Menanggulangi Kendala dalam Membina Pengamalan Ibadah Salat Siswa MTs Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Pondok Pesantren Modern Darussalam Simpang Limun Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran pengamalan ibadah salat, strategi guru fikih, kendala serta bagaimana penanggulangannya. Adapun metodologi dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu menggunakan metode deskriptif dan pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancra dan dokumentasi. Aadapun sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer adalah guru fikih, sedangkan sekunder adalah siswa, kepala sekolah dan guru-guru lain. Berdasarkan hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa strategi guru fikih dalam pembinaan pengamalan ibadah salat siswa MTs melalui kegiatan ekstrakurikuler sudah sangat baik. Strategi Guru Fikih adalah melakukan pembiasaan, pembinaan, pendekatan keagamaan dan hukiman. Gambaran pembinaan pengamalan ibadah salat adalah guru ikut serta dalam melaksanakan salat, mempraktikkan tata cara pelaksanaan salat yang benar, siswa mempraktikkannya kemabali tata cara salat dan memberi nasehat dan motivasi. Kendala guru fikih dalam membina pengamalan ibadah salat adalah siswa yang masbuq, kurangnya minat siswadan sedikit nakal. Cara guru menggulangi kendala pengamalan ibadah salat adalah menasehati, menceritakan kisah teladan dan memberikan hukuman. Pandangan ini didasari oleh peneliti dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler selama observasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Drs. H. Syafnan, M.Pd dan Dr. H. Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd
Keywords: Strategi; Membina; Ekstrakurikuler
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 26 Feb 2024 03:35
Last Modified: 26 Feb 2024 03:35
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10222

Actions (login required)

View Item View Item