Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Dampak perilaku agresif anak terhadap pergaulan teman sebaya di Desa Aek Dakka Kecamatan Barus Kabupaten Tapanuli Tengah

Adahani, Utami Nurul (2023) Dampak perilaku agresif anak terhadap pergaulan teman sebaya di Desa Aek Dakka Kecamatan Barus Kabupaten Tapanuli Tengah. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1930200076.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah terdapat beberapa anak di desa Aek Dakka Kecamatan Barus Kabupaten Tapanuli Tengah yang berperilaku agresif secara fisik dan verbal terhadap teman sebayanya. Selain menyakiti perasaaan, merusak barang milik teman-temannya, perilaku agresif yang dilakukan oleh anak juga menimbulkan luka fisik pada korban sehingga menyebabkan kondisi hubungan pergaulan teman sebaya yang kurang baik serta menimbulkan dampak negatif bagi orang disekitarnya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk perilaku agresif yang dilakukan oleh anak dalam pergaulan teman sebaya di desa Aek Dakka Kecamatan Barus Kabupaten Tapanuli Tengah, untuk mengetahui faktor-faktor yang melatarbelakangi anak dalam berperilaku agresif terhadap pergaulan teman sebaya, serta untuk mengetahui dampak dari perilaku agresif anak terhadap pergaulan teman sebaya di desa Aek Dakka Kecamatan Barus Kabupaten Tapanuli Tengah. Jenis penelitian yang digunakan merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain dengan, observasi non partisipan, wawancara tidak terstruktur, dokumentasi. Informan dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling diantaranya, 6 orang anak berperilaku agresif yang berusia 8-12 tahun, orangtua dari anak yang berperilaku agresif sebanyak 4 orang, 7 orang teman sebaya dari anak yang berperilaku agresif, tetangga serta kepala desa di desa Aek Dakka, Kecamatan Barus Kabupaten Tapanuli Tengah. Teknik Keabsahan data yaitu triangulasi, serta teknik analisis data berupa reduksi data, deskripsi dan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu anak-anak di desa Aek Dakka menunjukkan bentuk-bentuk perilaku agresif secara verbal dengan berkata buruk terhadap temannya, memberi julukan yang tidak disukai temanya, mengolok-olok teman dengan nama orang tua, dan berkata kasar. Sedangkan secara fisik yaitu, memukul tubuh bagian belakang teman sebayanya, memukul kepala, menendang dan melempar benda kepada teman sebayanya. Adapun faktor-faktor yang melatarbelakangi anak dalam berperilaku agresif terhadap pergaulan teman sebaya di desa Aek Dakka Kecamatan Barus Kabupaten Tapanuli Tengah secara internal antara lain: adanya ketidakmampuan dalam mengendalikan emosional dan kurangnya pengetahuan akan bahaya dari perilaku agresif, sedangkan secara faktor eksternal yaitu pola asuh orang tua, lingkungan bermain, lingkungan sekolah. Dampak dari perilaku agresif anak bagi pelaku yaitu anak dijuluki sebagai anak yang jahat, dijauhi oleh teman sebaya, adanya kecenderungan untuk melakukan kekerasan, dan kesulitan dalam menjalin hubungan. Sedangkan dampak bagi teman sebaya yaitu : terluka secara fisik, kurang percaya diri, dan takut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Risdawati Siregar, S.Ag., M.Pd dan Siti Wahyuni Siregar, S.Sos.I., M.Pd.I
Keywords: Perilaku agresif anak; Pergaulan; Teman sebaya
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 26 Feb 2024 02:42
Last Modified: 26 Feb 2024 02:42
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10219

Actions (login required)

View Item View Item