Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan metode role playing dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam untuk meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas VIII MTs Gaya Baru Negeri Lama Kecamatan Bilah Hilir Kabupaten Labuhanbatu

Sari, Nining Lupita (2023) Penerapan metode role playing dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam untuk meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas VIII MTs Gaya Baru Negeri Lama Kecamatan Bilah Hilir Kabupaten Labuhanbatu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100225.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah ini yaitu masih kurangnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, disebabkan karena kurang bervariasi dalam menggunakan metode belajar yang diterapkan sehingga menjadi faktor kurangnya hasil belajar siswa. Guru Sejarah Kebudayaan Islam menggunakan metode ceramah dalam mengajar, sehingga siswa tidak berperan dalam belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah dengan penerapan metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIII MTs Gaya Baru Negeri Lama. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah melaksanakan penerapan metode Role Playing dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VIII MTs Gaya Baru Negeri Lama. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan metode penelitian ini yaitu metode eksperimen yang berupaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Sesuai dengan jenis penelitian ini, maka penelitian ini memiliki tahapan yang berupa siklus. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Gaya Baru Negeri Lama yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 12 perempuan. Berdasarkan hasil penelitian ini terbukti adanya peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan menggunakan metode Role Playing. Pada tes awal jumlah nilai rata-rata siswa yaitu 69,37% kemudian nilai rata-rata siswa meningkat pada siklus II pertemuan 2 menjadi 77,18%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: H. Ismail Baharuddin, M.A dan Latifa Annum Dalimunthe, M.Pd.I
Keywords: Metode role playing; Sejarah Kebudayaan Islam; Hasil belajar siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040307 Islamic History
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 26 Feb 2024 01:47
Last Modified: 26 Feb 2024 01:47
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10215

Actions (login required)

View Item View Item