Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis pemahaman siswa tentang pergaulan dalam Islam di SMA Negeri 1 Sungai Aur Kecamatan Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat Provinsi Sumatera Barat

Desy, Ulfa Sri (2023) Analisis pemahaman siswa tentang pergaulan dalam Islam di SMA Negeri 1 Sungai Aur Kecamatan Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat Provinsi Sumatera Barat. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100195.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pemahaman siswa tentang pergaulan dalam islam di SMA Negeri 1 Sungai Aur. Hal ini disebabkan banyaknya remaja pada zaman sekarang yang kurang paham akan pergaulan, sehingga terjerumus ke dalam pergaulan bebas seperti perzinaan, perkelahian, bahkan narkoba. Faktor yang mempengaruhi siswa kurangnya pemahaman tentang pergaulan disebabkan oleh teman, kurangnya perhatian dan bimbingan dari orang tua. Oleh karena itu remaja seharusnya mendapatkan penjelasan, bimbingan serta arahan agar siswa lebih mengetahui pergaulan dalam islam. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apa saja yang di ketahui siswa SMA Negeri 1 Sungai Aur Pasaman Barat tentang pergaulan dalam islam, bagaimana cara siswa SMA Negeri 1 Sungai Aur Pasaman Barat mengaplikasikan ajaran islam dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemahaman siswa SMA Negeri 1 tentang pergaulan dalam Islam, dan untuk mengetahui bagaimana cara siswa SMA Negeri 1 dalam mengaplikasikan ajaran Islam tentang pergaulan dalam Islam. Jenis penelitian ini penelitian lapangan dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data menggunkan reduksi data, pengajian data, dan pembuktian. Kemudian teknik keabsahan data pada penelitian menggunakan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa masih banyak siswa yang kurang paham mengenai pergaulan dalam islam Pengetahuan siswa tentang pergaulan dalam islam terbagi menjadi dua yaitu, yang pertama pergaulan yang baik dilingkungan sekolah seperti, sopan dan santun ketika berbicara, menjaga batasan antara perempuan dengan laki-laki dan hormat kepada guru. Kemudian yang kedua pergaulan yang tidak baik dilingkungan sekolah adalag cabut ketika jam pelajaran, bolos, loncat dari pagar, berkelahi, saling mengejek dan merokok. Kemudian cara Siswa SMA Negeri 1 Sungai Aur mengaplikasikan ajaran islam tentang pergaulan dalam kehidupan sehari-hari adalah dengan menerapkan apa yang telah diajarkan oleh guru di sekolah, di kerjakan dalam kehidupan sehari- hari. Contohnya sopan santun ketika berbicara dengan guru ataupun orang tua, tidak keluyuran malam, melaksanakan perintah Allah Swt, dan menjaga batasan dengan lawan jenis, kemudian menerapkan adab bergaul dengan teman sebaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Rosimah Lubis, M.Pd dan Anwar Habibi Siregar, M.A.Hk
Keywords: Pemahaman siswa; Pergaulan dalam Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 23 Feb 2024 09:52
Last Modified: 23 Feb 2024 09:52
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10213

Actions (login required)

View Item View Item