Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis perilaku konsumtif dan gaya hidup konsumen online shop dalam perspektif Islam (studi kasus mahasiswa FEBI UIN SYAHADA Padangsidimpuan)

Irpiani, Rika (2023) Analisis perilaku konsumtif dan gaya hidup konsumen online shop dalam perspektif Islam (studi kasus mahasiswa FEBI UIN SYAHADA Padangsidimpuan). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940200096.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan zaman mempengaruhi perkembangan teknologi yang semakin canggih dan informasi yang dapat memudahkan individu. Adapun yang dihasilkan dari perkembangan zaman yaitu mode. Setiap individu mengikuti perubahan mode agar lebih modern. Mode merupakan salah satu hal yang diincar oleh konsumen yang mempunyai keinginan untuk mengikuti tren. Perkembangan zaman tersebut dapat menyebabkan konsumen berperilaku konsumtif dan memaksakan diri untuk mengubah gaya hidup (life style) sesuai tren. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perilaku konsumtif dan gaya hidup konsumen online shop dalam perspektif Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumtif dan gaya hidup konsumen online shop dalam perspektif Islam pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. Pembahasan dalam penelitian ini didukung oleh teori para ahli. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori perilaku konsumen, konsumsi, perilaku konsumtif, perilaku konsumtif dalam perspektif Islam dan gaya hidup. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang menggambarkan keadaan sebenarnya dilapangan secara murni, jelas dan apa adanya. Subjek dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. Pengolahan data dan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Cara yang digunakan untuk menjamin keabsahan penelitian diperoleh melalui triangulasi yaitu triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sesuai dengan teori terdapat 7 ciri perilaku konsumtif, Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam hanya cenderung tergolong ketiga ciri perilaku konsumtif yaitu membeli barang karena adanya potongan harga, pengaruh adanya iklan, dan adanya penawaran menarik. Mahasisswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dalam berbelanja menjadi konsumtif disebabkan oleh adanya iklan yang muncul dimedia sosial kemudian memilki hasrat ingin memiliki barang tersebut. Gaya hidup Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam berubah disebabkan oleh perkembangan zaman yang semakin modern dan mempengaruhi gaya hidup Mahasiswa. Adapun gaya hidup sesuai dengan pandangan Islam adalah sederhana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hamni Fadlilah Nasution, M.Pd dan M. Yarham, M.H
Keywords: Gaya hidup; Perilaku konsumtif; Perspektif ekonomi Islam
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012701 al-Bai’ (incl. al-Khiyar)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 23 Feb 2024 07:53
Last Modified: 23 Feb 2024 07:53
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10212

Actions (login required)

View Item View Item