Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa dengan menggunakan model pembelajaran think talk write pada materi Bahasa Indonesia Kelas III di MIS Riyadusshalihin Desa Pudun Jae Kecamatan Batunadua Kota Padangsidimpuan

Hartati, Reski (2023) Upaya meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa dengan menggunakan model pembelajaran think talk write pada materi Bahasa Indonesia Kelas III di MIS Riyadusshalihin Desa Pudun Jae Kecamatan Batunadua Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500132.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya antusias serta kemampuan membaca dan menulis siswa kelas III pada materi Bahasa Indonesia disebabkan kedominanan guru menggunakan model pembelajaran konvensional dalam proses pembelajaran. Kurangnya fasilitas yang menunjang jalannya pembelajaran menyebabkan siswa tidak tertarik untuk membaca dan menulis sehingga proses pembelajaran tidak optimal. Ketidakmampuan siswa dalam menungkan gagasan serta idenya melalui bacaan dan bentuk tulisan menyebabkan siswa lebih banyak berpikir tetapi tidak sempat memahami isi sebuah bacaan yang mereka baca dan mereka tuliskan sehingga siswa pasif dan malas untuk membaca dan menulis dan berdampak pada rendahnya tingkat kemampuan membaca dan menulis siswa di kelas. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa pada materi Bahasa Indonesia kelas III di MIS Riyadusshalihin Desa Pudun Jae Kecamatan Batunadua Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa pada materi Bahasa Indonesia kelas III di MIS Riyadusshalihin Desa Pudun Jae Kecamatan Batunadua Kota Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan menggunakan tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas III di MIS Riyadusshalihin Desa Pudun Jae Kecamatan Batunadua Kota Padangsidimpuan. Objek penelitian ini adalah kemampuan membaca dan menulis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi Awal kemampuan membaca dan menulis siswa memperoleh nilai rata-rata ketuntasan 60,4, dengan persentase 47,3%, Hasil tes yang dilakukan pada siklus I memperoleh nilai rata-rata ketuntasan dalam kemampuan membaca dan menulis ialah 67,72 dengan persentase 57,8%, kemudian hasil tes yang diilakukan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata ketuntasan 77,01 dengan presentase 73.68%, kemudian hasil tes yang dilakukan pada siklus III memperoleh nilai rata-rata ketuntasan sebesar 81 dengan persentase 89,4%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa kelas III di MIS Riyadusshalihin Desa Pudun Jae Kecamatan Batunadua Kota Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nursyaidah, M.Pd dan Dr. Erna Ikawati, M.Pd
Keywords: Membaca dan menulis; Model pembelajaran TTW
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 22 Feb 2024 07:03
Last Modified: 22 Feb 2024 07:03
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10205

Actions (login required)

View Item View Item