Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa materi pantun pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 0306 Sosopan

Harahap, Nurul Khafifah (2023) Pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa materi pantun pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 0306 Sosopan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500048.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 0301 Sosopan pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi pantun disebabkan ketidakefektifan guru menggunakan model pembelajaran inovatif dalam proses pembelajaran. Kurangnya sarana dan prasarana serta kurangnya keterlibatan siswa yang menunjang berjalannya proses pembelajaran menyebabkan siswa mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran bahasa Indonesia berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar siswa materi pantun di kelas V SD Negeri 0301 Sosopan. Jenis penelitian ini kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 20 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah sampling total. Berdasarkan analisis data diperoleh (1) Gambaran penggunaan model pembelajaran Make a Match pada materi pantun di kelas V SD Negeri 0301 Sosopan memperoleh hasil data angket respon siswa dengan kategori tinggi dengan nilai sebesar 90%. (2) Gambaran hasil belajar siswa materi pantun di kelas V SD Negeri 0301 Sosopan menggunakan model pembelajaran Make a Match diperoleh nilai rata-rata sebesar 43 dengan kategori “D” dan nilai rata-rata setelah menggunakan model pembelajaran Make a Match diperoleh nilai rata-rata sebesar 85,66 dengan kategori “A”. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar siswa materi pantun di kelas V SD Negeri 0301 Sosopan. Hal ini dibuktikan dengan uji one sample test diketahui nilai signifikan (2-tailed) adalah sebesar 0,00 di mana nilai signifikan 0,00<0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd dan Asriana Harahap, M.Pd
Keywords: Model pembelajaran make a match; Hasil belajar; Pantun
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 22 Feb 2024 06:31
Last Modified: 22 Feb 2024 06:31
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10204

Actions (login required)

View Item View Item