Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Dampak penerapan metode drill pada mata pelajaran fiqih terhadap kognitif peserta didik

Siregar, Muktar Rezeki (2023) Dampak penerapan metode drill pada mata pelajaran fiqih terhadap kognitif peserta didik. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100323.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan guru dalam menggunakan metode yang sesuai dengan tujuan dan materi pelajaran merupakan keberhasilan dalam mencapai prestasi belajar peserta didik. Hal tersebut sejalan dengan tuntutan kurikulum saat ini yang sangat memperhatikan kepentingan metode-metode pembelajaran yang digunakan, aktivitas dalam belajar dapat terwujud apabila metode atau strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru dapat memberikan rangsangan kepada peserta didik untuk dapat beraktivitas, karena apabila yang digunakan oleh guru bersifat monoton akan membuat peserta didik menjadi pasif. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui bagaimana penerapan metode drill terhadap peserta didik pada mata pelajaran fiqih di Mts Raudhatul Islamiyah Kecamatan Kota Pinang Kabupaten Labuhan Batu Selatan, mengetahui Bagaimana kognitif peserta didik pada mata pelajaran fiqih, dan Untuk mengatahui Bagaimana dampak metode drill terhadap kognitif peserta didik. Jenis penelitian yang dilakukan di lapangan yang bertujuan memperoleh informasi dan mendeskripsikan peristiwa, kejadian ini terjadi di lapangan sesuai dengan fakta yang ditemukan di lapangan.Sedangkan pendekatan yang dilakukan peneliti gunakan adalah pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Metode penelitian kualitatif adalah sebuah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dan perilaku yang dapat diamati. Oleh karena itu data sepenuhnya dikumpulkan melalui penelitian lapangan. Maka penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Hasil penelitian yaitu berdasarkan penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan yaitu 1.) MTs Raudhatul Islamiyah sudah bisa dikatakatan berjalan dengan lancar dengan menggunakan metode drill sehingga banyak dari peserta didik yang mampu memahami dan mampu mengingat materi pelajaran dengan baik dibuktikan dengan penelitian terhadap beberapa peserta didik. 2.) Metode drill mampu mudah dipahami oleh peserta didik dan peserta didik mudah mengingat materi pembelajaran dengan menggunakan metode drill, sehingga metode drill sangat cocok sebagai metode pembelajaran di MTs Raudathul Islamiah kecamatan kotapinang kabupaten labuhanbatu selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Almira Amir, M.Si dan Anwar Habibi Siregar, M.A.Hk
Keywords: Metode drill; Fiqih; Kognitif
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 22 Feb 2024 05:38
Last Modified: 22 Feb 2024 05:38
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10202

Actions (login required)

View Item View Item