Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Leaning TipeJigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada PokokBahasan Fungsi di Kelas X MAN Panyabungan

Hardiyanti, Novidia (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Leaning TipeJigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada PokokBahasan Fungsi di Kelas X MAN Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 202 00151.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Matematika merupakan salah satu ilmu pengetahuan mendasaryang dapat menumbuhkan penalaran siswa. Berdasakan observasi awal yang dilakuan peneliti di MAN Panyabungan, banyak siswa kelas yang mengalami kesulitan dalam memplajari matematika, khususnya pada materi fungsi. Itu terlihat dari rendahnya nilai ulangan harian siswa di kelas X MAN Panyabungan. Siswa juga kesulitan dalam memecahkan permasalahan sehari-hari terutama soal-soal yang behubungan dengan fungsi. Berdasarkan latar belakang di atas maka yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran coopeative leaning tipejigsaw terhadap hasilbelaja matematika siswa pada pokok bahasan Fungsi di kelas X MAN Panyabungan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain penelitian Non Randomized Control Group Pre Test Post Test Design. Populasi penelitian ini dalah kelas siswa kelas X MAN Panyabungan yangterdiri dari 3 kelas sebanyak 97 siswa, sedangkan sampel adalah kelas terdiri dari 2 kelas sebanyak 50 siswa, 25 siswa kelas eksperimen dan 25 siswa kelas kontrol. Istrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes bentuk essay, sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus chi-kuadrat, uji kesamaan dan uji-t. Hasil uji persyaratan analisis data diproleh dikelas sampel berdistribusi normal.Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 83,02 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 71,22. Pengujian uji-t diproleh Karena (5,8 2,008) maka terdapat pengaruh yang signifikan dengan penggunaan model pembelajaran cooperativelearning tipejigsaw terhadaphasil belajar matematika siswa di kelas X MAN Panyabungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Asnah, M.A dan Mariam Nasution, M.Pd
Keywords: Model pembelajaran; Cooperative Learning tipejigsaw; Hasil Belajar
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010101 Algebra and Number Theory
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 27 Apr 2020 21:30
Last Modified: 23 Jul 2021 02:10
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1020

Actions (login required)

View Item View Item