Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Dampak perceraian orang tua terhadap pendidikan anak di Lingkungan Pekan Lama Kelurahan Rantau Prapat Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu

Pratiwi, Debby Yanti (2023) Dampak perceraian orang tua terhadap pendidikan anak di Lingkungan Pekan Lama Kelurahan Rantau Prapat Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100136[1].pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah perceraian bukanlah satu-satunya jalan dalam menyelesaikan masalah yang terjadi dalam keluarga. Perceraian mempunyai dampak yang tidak baik untuk anak, karena adanya perceraian orang tua anak mengalami dampak negatif terhadap pendidikannya, akibat perceraian orang tua anak lebih cenderung sulit berkonsentrasi belajar, anak putus sekolah, dan anak kurang kasih sayang serta perhatian dari orang tuanya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran perceraian orang tua terhadap pendidikan anak di Lingkungan Pekan Lama Kelurahan Rantauprapat, apa saja dampak perceraian orang tua terhadap pendidikan anak di Lingkungan Pekan Lama Kelurahan Rantauprapat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan perceraian orang tua terhadap pendidikan anak, untuk menemukan dampak perceraian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun informan dalam penelitian ini adalah orang tua, anak, tokoh masyarakat dan kepala kelurahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penjaminan keabsahan data yang digunakan terdiri dari perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Gambaran perceraian orang tua terhadap pendidikan anak adalah rendahnya pendidikan anak yang terjadi karena beberapa dari jumlah anak orang tua yang bercerai itu tidak melanjutkan sekolah. Sedangkan sebagiannya lagi melanjutkan sekolah dengan dampak negatif. 2) Dampak negatif perceraian terhadap pendidikan anak antara lain yaitu: a) sulit berkonsentrasi belajar seperti, prestasinya menurun dilihat dari keadaan lingkungan baik dari internal maupun eksternal. b) anak kurang perhatian dan kasih sayang berpengaruh pada perilakunya seperti emosional, mencari perhatian dari orang lain dan mudah tersinggung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lazuardi, M.Ag dan Rahmadani Tanjung, M.Pd
Keywords: Dampak perceraian orang tua; Pendidikan anak
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law > 18012807 Talaq & Khulu' (Divorce)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 19 Feb 2024 08:09
Last Modified: 19 Feb 2024 08:09
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10197

Actions (login required)

View Item View Item