Irwansyah, Julhazri (2023) Pengaruh pengelolaan kelas pada mata pelajaran akidah akhlak terhadap motivasi belajar siswa kelas vii di MTs Raudhatul Islamiyah Kecamatan Kotapinang. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920100070[1].pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa gejala yang mengidentifikasikan bahwa pengelolaan kelas di madrasah tersebut belum terlaksana dengan baik, yaitu masih ada guru yang belum dapat mengatur tempat duduk siswa dengan baik, masih ada sebagian ruang kelas yang belum memiliki jadwal belajar, denah kelas dan masih ada sebagian sarana dan prasarana pendukung proses pembelajaran yang belum memadai. Dari gambaran di atas betapa pentingnya pengelolaan kelas dalam keberhasilan pengajaran dan merupakan keterampilan dasar dan kompetensi guru di dalam membangkitkan motivasi belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh pengelolaan kelas pada mata pelajaran akidah akhlak terhadap motivasi belajar siswa kelas VII di MTs Raudhatul Islamiyah Kecamatan Kotapinang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas pada mata pelajaran akidah akhlak terhadap motivasi belajar siswa kelas VII di MTs Raudhatul Islamiyah Kecamatan Kota Pinang?. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Sampelnya adalah siswa kelas VII yang berjumlah 25 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Analisis data menggunakan uji t. Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan hasil uji t diperoleh t_hitung>t_tabel yaitu 3,977>2,069 artinya H_0 ditolak dan H_a diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa di MTs Raudhatul Islamiyah Kecamatan Kotapinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Dampak pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar di MTs Radhatul Islamiyah Kecamatan Kotapinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan yang diukur melalui angket penelitian memiliki pengaruh sebesar 40,70% Nilai Koefisien Determinasi (KD) perhitungan regresi linier sederhana diperoleh persamaan regresi Y (motivasi belajar) = 7,938 + 0.893 X. (pengelolaan kelas). Berdasarkan hasil uji t diperoleh t_hitung>t_tabel yaitu 3,977>2,069 artinya H_0 ditolak dan H_a diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Hj. Tatta Herawati Daulae, M.A dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd |
Keywords: | Pengelolaan kelas; Akidah akhlak; Motivasi belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 19 Feb 2024 08:02 |
Last Modified: | 19 Feb 2024 08:02 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10196 |
Actions (login required)
View Item |