Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Tinjauan kompilasi hukum ekonomi syariah terhadap akad istisnha antara pekerja dan mustasnhi (studi kasus Perumahan Seroja Aek Bayur Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua Kota Padangsidimpuan)

Harahap, Minta Ito (2023) Tinjauan kompilasi hukum ekonomi syariah terhadap akad istisnha antara pekerja dan mustasnhi (studi kasus Perumahan Seroja Aek Bayur Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua Kota Padangsidimpuan). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1910200036[1].pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Tinjauan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah terhadap akad Istishna antara Pekerja dan Mustashni yang di lakukan di Perumahan Seroja Aek Bayur Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini dilatar belakangi karena Masih banyak nya Akad Istishna yang belum terlaksana secara penuh di lapangan . Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pelaksanaan akad Istishna antara Pekerja dan Mustahni di Perumahan Seroja di Aek Bayur Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua kota Padangsidimpuan yang di tinjau berdasarkan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah. Jenis penelitian ini adalah field research(lapangan) yang bersifat kualitatif yaitu pengumpulan data di lakukan dengan pengamatan langsung ke Perumahan Seroja, dokumentasi dan wawancara dengan masyarakat Perumahana Seroja Aek Bayur. Setelah mendapatkan data yang lengkap kemudian di analisis dengan mengunakan metode analisis penalaran dedukatif, yaitu menjelaskan padangan mengenai akad jasa konstruksi antara pekerja dan pemilik kontrakan, kemudian menganalisis peraturan yang berlaku yaitu Hukum Ekonomi Syariah. Hasil penelitian ini menjelaskan Pelaksanaan akad di Perumahan Seroja menggunakan akad Istishna yaitu sistem akad jual beli dalam bentuk pemesanan pembuatan barang tertentu dengan kriteria dan persyaratan tertentu yang disepakati antara pemesan(Pembeli/Mustashni) dan pekerja/penjual(Pembuat/shani. Pelaksanaan akad jasa konstruksi yang di lakukan di Perumahan Seroja belum sepenuhnya sesuai dengan HES(Hukum Ekonomi Syariah) karna adanya unsur wanprestasi pada pihak konstruksi. Karna di dalam Hukum Ekonomi Syariah di jelaskan bahwa seseorang yang tidak melaksanakan pekerjaan nya sesuai dengan kesepakatan/perjanjian awal di sebut wanprestasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ikhwanuddin Harahap, M.Ag dan Risalan Basri Harahap, M.A
Keywords: KHES; Akad; Istishna
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012702 al-Salam & al-Istishna’
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 19 Feb 2024 07:50
Last Modified: 19 Feb 2024 07:50
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10194

Actions (login required)

View Item View Item