Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis sistem pengupahan petani karet di Desa Batu Gana Kecamatan Padang Bolak Julu (studi perspektif ekonomi syariah)

Hasibuan, Siti Kholiza (2023) Analisis sistem pengupahan petani karet di Desa Batu Gana Kecamatan Padang Bolak Julu (studi perspektif ekonomi syariah). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840200367[1].pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan didalam penelitian ini adalah bagaimana sistem pengupahan petani karet di desa batuegana kecamatan padang bolak julu kabupaten padang lawas utara dan bagaimana ketetapan atau perspektif ekonomi islam (syariah) terhadap pelaksanaan upah yang dinaik turunkan dan kesepakatan kerja yang di curangi oleh pemilik kebun karet di desa batuegana kecamatan padang bolak julu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem upah yang di naik turunkan dan kesepakatan kerja yang di curangi pemilik kebun karet dan untuk mengetahui perspektif ekonomi islam terhadap kesepakatan kerja yang tidak adil yang merugikan salah satu pihak dalam pekerjaan tersebut. Dalam ekonomi islam itu sangat tidak di anjurkan yaitu berbuat kecurangan dalam pekerjaan. Teori yang di gunakan dalam penelitian ini adalah teori afzalurahman yang menjelaskan bahwasanya pekerjaan yang di lakukan antara dua belah pihak, baik itu si pekerja dan yang memberi pekerjaan tidak boleh ada kecurangan pada pekerjaan itu,dan tidak boleh ada tenaga kerja yang di zholimi, sistem pekerjaan yang dilakukan harus bersifat adil, tidak boleh ada kecurangan baik dalam aqad atau sistem pengupahannya, upah yang diberikan majikan pada pekerja harus adil dan di ridhoi allah swt. Penelitian ini bersifat penelitian lapangan (field research), sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang di lakukan menggunakan studi lapangan yaitu wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Wawancara yang di lakukan dengan pemilik kebun karet, petani karet,kepala desa,tokoh agama, dan pemuda desa yang berada di desa batuegana kecamatan padang bolak julu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pengupahan petani karet di desa batuegana kecamatan padang bolak julu adalah dengan cara lisan tanpa ada yang menyaksikan. Kegiatan pengupahan petani karet yang terjadi di desa batuegana kecamatan padang bolak julu belum sepenuhnya sesuai dengan pandangan perspektif ekonomi islam karena dalam rukun dan syarat ijarah, ujrah itu harus jelas dan di ketahui ke dua belah pihak. Begitu juga dengan ketentuan asa-asas dalam berakad, khususnya asas amanah (kejujuran), keadilan, dan perjanjian yang pasti belum terlaksana pada pelaksanaannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Rukiah, S.E., M.Si dan Ja’far Nasution, M.E.I
Keywords: Sistem pengupahan; Petani karet; Perspektif ekonomi Islam
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012710 al-Ijarah & al-Ju’alah (Sewa-menyewa & Kontrak Kerja)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 19 Feb 2024 07:34
Last Modified: 26 Feb 2024 05:02
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10192

Actions (login required)

View Item View Item