Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model problem based learning dengan media gambar pada Kelas 5 di Sekolah Dasar Negeri 001 Desa Sihepeng Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal

Sakinah, Nur (2023) Peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model problem based learning dengan media gambar pada Kelas 5 di Sekolah Dasar Negeri 001 Desa Sihepeng Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500195.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang pada masalah ini adalah siswa belum sepenuhnya tuntas dalam hasil belajar pada materi zat dan zat campuran, siswa kelas 5 SDN 001 Sihepeng memiliki nilai hasil belajar yang masih rendah, hal ini bisa terlihat dari sikap dan jawaban siswa pada saat belajar ilmu pengetahuan alam, dan saat diberikan tes awal mengenai perubahan wujud benda. Penilaian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam kelas 5 SDN 001 Sihepeng. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada peningkatan hasil belajar siswa pada materi benda benda disekitar kita yaitu zat tunggal, campuran homogen dan heterogen melalui model PBL dengan media gambar di kelas 5 SDN 001 Sihepeng?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi benda – benda di sekitar kita yaitu zat tunggal, campuran homogeny dan heterogen melalui model PBL dengan media gambar di kelas 5 SDN 004 Sihepeng. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan metode siklus. Dalam penelitian ini peneliti bertugas sebagai guru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN 001 Sihepeng. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif. Hasil penelitian adalah bahwa hasil belajar siswa kelas 5 SDN 001 Sihepeng mengalami peningkatan melalui pembelajaran menggunakan model PBL dengan media gambar. Penigkatan hasil belajar siswa ditunjukkan pada nilai rata-rata siklus I pertemuan I 36,36%, siklus I pertemuan II 50%. Dan nilai rata-rata siklus II pertemuan I 72,72%, siklusi II pertemuan II 90% . Karena peningkatan hasil belajar sudah mencapai ssesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model PBL melalui media gamabar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi perubahan wujud benda pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ali Asrun Lubis, S.Ag., M.Pd dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I
Keywords: Model problem based learning; Media gambar; Hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 15 Feb 2024 08:38
Last Modified: 15 Feb 2024 08:38
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10187

Actions (login required)

View Item View Item