Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh celebrity endorser tiktok dan testimoni konsumen terhadap minat beli mahasiswa pada Shopee Online Shop

Hasibuan, Lisna Warni (2023) Pengaruh celebrity endorser tiktok dan testimoni konsumen terhadap minat beli mahasiswa pada Shopee Online Shop. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940200214.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Semakin banyaknya serta mudahnya fasilitas internet, belanja online menjadi tren baru yang lebih sederhana, efisien, cepat serta waktu terasa lebih hemat dan lebih efektif, sehingga pada akhirnya belanja online menjadi salah satu gaya hidup di Indonesia, tidak terkecuali dengan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisinis Islam UIN SYAHADA Padangsidimpuan.Meskipun merasa kecewa ataupun tidak puas pada saat membeli produk pada online shoptidak menyebabkan hilangnya minat mahasiswa untuk berbelanja pada online shop. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh secara parsial dan simultan antara celebrity endorser tiktok dan testimoni konsumen terhadap minat beli mahasiswa pada shopee online shop?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan antara celebrity endorser tiktok dan testimoni konsumen terhadapminat beli mahasiswa pada shopee online shop. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori faktor yang mempengaruhi minat beli. Faktor kualitas, faktor brand/merek, faktor kemasan, faktor harga, faktor ketersediaan barang, faktor acuan yaitu sumber informasi dari luar misalnya persepsi dari konsumen lain. Dalam hal ini yang digunakan adalahcelebrity endorser tiktokdan testimoni konsumen.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan sumber data yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan studi pustaka dengan jumlah sampel 90 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan perhitungan statistik dengan bantuan program SPSS versi 29. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh celebrity endorser tiktok terhadap minat beli mahasiswa pada shopee online shop, terdapata pengaruh testimoni konsumen terhadap minat beli mahasiswa pada shopee online shop, dan terdapat pengaruh secara simultan antara celebrity endorser tiktok dan testimoni konsumen terhadap minat beli mahasiswa pada shopee online shop.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hamni Fadlilah Nasution, M.Pd dan Ida Royani M.Hum
Keywords: Celebrity endorser tiktok; Minat beli; Testimoni konsumen
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 15 Feb 2024 08:15
Last Modified: 15 Feb 2024 08:15
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10186

Actions (login required)

View Item View Item