Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan sepeda motor Yamaha pada PT. Graha Auto Pratama Padangsidimpuan

Tursina, Helmi (2023) Strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan sepeda motor Yamaha pada PT. Graha Auto Pratama Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940200115.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Strategi pemasaran sangat berpengaruh terhadap usaha perusahaan dalam meningkatkan volume penjualan. Pada umumnya penjualan di PT. Graha Auto Pratama Padangsidimpuan mengalami permasalahan penurunan penjualan pada tahun 2022 yang dimana omset penjualannya belum mencapai target atau data penjualan di setiap tahunnya sehingga mengalami perubahan kenaikan atau penurunan penjualan. Pembahasan penelitian berkaitan dengan salah satu penerapan strategi yang biasa dilakukan bauran pemasaran terdiri dari beberapa faktor yang biasa disebut dengan strategi 4P, yaitu produk (Product), Harga (Price), Promosi (Promotion), dan Lokasi atau tempat (Place). Strategi 4P adalah kumpulan komponen supaya konsumen mau membeli produk yang di jual dengan baik maka perusahaan menghasilkan strategi promosi yang tepat untuk menjalankan produk. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara, dan dokumentasi dilakukan untuk mendapatkan data dari kepala cabang, marketing, dan konsumen di PT. Graha Auto Pratama Padangsidimpuan. Dengan menyajikan hasil yang diperoleh dari lapangan melalui observasi dan wawancara yang berhubungan dengan penelitian. Hasil Penelitian ini adalah menunjukkan bahwa dalam meningkatkan strategi pemasaran terdiri dari strategi 4p yaitu: Produk, Produk harus sesuai dengan kebutuhan konsumen serta kualita yang diminati konsumen. Harga, sejumlah biaya atau uang nilai produk yang di tawarkan kepada konsume. Promosi, meliputi promosi penjualan dengan cara memberikan potongan harga, promo dan pemasaran langsung dan Lokasi waktu, pemanfaatan lokasi waktu yang tepat mudah didapatkan maka semakin besar jumlah konsumen yang tertarik pada produk yang ditawarkan. Dan hasil pembahasan yaitu: Strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan antara lain yaitu, produk, harga, promosi, dan lokasi /waktu. Kemudian Ada 4 faktor yang mempengaruhi volume penjualan antara lain yaitu: Promosi yang tidak sampe ke konsumen, DP yang terlalu tinggi, Waktu dan lokasi yang tidak tepat sasaran, dan Ekonomi masyarakat yang tidak stabil dengan naik turunnya nilai penjualan hasil bumi masyarakat akibat dari inflasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hamni Fadlilah Nasution, M.Pd dan Rini Hayati Lubis, M.P
Keywords: Strategi harga; Lokasi/tempat; Produk; Promosi; Volume penjualan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 15 Feb 2024 08:03
Last Modified: 15 Feb 2024 08:03
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10185

Actions (login required)

View Item View Item