Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh konservatisme akuntansi dan Good Corprate Governance (GCG) terhadap kualitas laba pada PT Garuda Indonesia Tbk

Rambe, Irfan Arya (2023) Pengaruh konservatisme akuntansi dan Good Corprate Governance (GCG) terhadap kualitas laba pada PT Garuda Indonesia Tbk. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840200003.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian inidilakukan pada PT Garuda Indonesia Tbk yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Terjadinya Manipulasi laporan keuangan yang dilakukan PT Garuda Indonesia pada tahun 2018 yang dimana PT Garuda mencatatkan keuantungan atau profit sebesar Rp. 72,5 M dan setelah di audit kembali pada tanggal 26 Juli 2019 ternyata PT Garuda Indonesia Tbk mencatatkan kerugian atau Net loss sebesar Rp. 2,4 T dan fenomena pada Koservatisme akuntansi dan GCG terhadap Kualitas laba dalam kurun waktu 2011-2021. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa tidak setiap kejadian empiris sesuai dengan teori yang ada. Dimana teori menyatakan konservatisme akuntansi merupakan prinsip kehati hatian dalam menuyusun laporan keuangan tetapi tidak semua perusahaan yang mengatakan bahwa Konservatisme dapat meningkatkan kualitas laba. Dan GCG merupakan prinsip perusahaan yang dimana GCG (komisaris independen) merupakan pihat yang tidak terafiliasi dengan pemegang saham pengendali, anggota direksi dan dewan komisaris lain dari perusahaan itu sendiri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh konservatisme akuntansi dan GCG terhadap kualitas laba PT Garuda Indonesia Tbk. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang konservatisme akuntansi dan GCG serta kualitas laba. Teori yang dibahas peniliti terkait dengan bidang ilmu ekonomi dan Akuntansi keuangan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan data sekunder dengan teknik pengambilan sampel purposive samplingdengan jumlah sampel sebanyak 44 sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa studi kepustakaan dan dokumentasi, dan teknik analisis data yang dipakai yaitu uji statistik deskriptif, uji normalitas, uji asumsi klasik terdiri dari(uji multikolinearitas, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas), uji regresi linier berganda, uji hipotesis (yang terdiri dari: uji parsial (uji t), uji simultan (uji f), dan uji determinasi R2 dengan bantuan sofware SPSS 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konservatisme akuntansi dan GCG berkontribusi sebesar 30,8 persen terhadap kualitas laba sedangkan 69,2 persen dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Adapun konservatisme akuntansi secara parsial tidak berpengaruh terhadap kualitas laba yaitu thitung> ttabel sebesar -2.711 <0,68052, dan ada pengaruh GCG secara parsial terhadap kualitas laba yaitu thitung> ttabel sebesar 4,397 >0,68052. Ada konservatisme akuntansi dan GCG secara simultan terhadap kualitas laba yaitu Fhitung>Ftabel sebesar 10,581 > 3,32.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Rukiah, S.E., M.Si dan H. Ali Hardana, S.Pd., M.Si
Keywords: Good Corporate Governance; Konservatisme akuntansi; Kualitas laba
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150303 Corporate Governance and Stakeholder Engagement
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 15 Feb 2024 05:10
Last Modified: 15 Feb 2024 05:10
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10183

Actions (login required)

View Item View Item