Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya Guru Mengatasi Kesulitan Siswa Belajar Matematika Pada Materi Pecahan Di Kelas VII SMP Negeri 7 Padangsidimpuan

Nasution, Rika Annum (2019) Upaya Guru Mengatasi Kesulitan Siswa Belajar Matematika Pada Materi Pecahan Di Kelas VII SMP Negeri 7 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 202 00157.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah dilihat dari hasil pengamatan terdahulu di SMP Negeri 7 Padangsidimpuan masalah yang terjadi disekolah ataupun dikelas siswa terlihat bingung ataupun kesulitan menjawab soal matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya guru mengatasi kesulitan siswa belajar matematika pada materi pecahan di kelas VII SMP Negeri 7 Padangsidimpuan.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru mengatasi kesulitan siswa belajar matematika pada materi pecahan di kelas VII SMP Negeri 7 Padangsidimpuan Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan menggunakan metode sikius. Dalam hal mi, peneliti berfungsi sebagai guru sekaligus sebagai observer. Untuk mengetahui kesulitan siswa belajar matematika maka instrument yang digunakan yakni observasi dan tes yang berbentuk essay. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa kemampuan awal siswa pada materi pecahan melalui model pembelajaran, hal ini dapat dilihat dan peningkatan hasil nilai rata-rata tes awal seluruh siswa yaitu 65 dan jumlah siswa yang lulus 5 siswa dengan persentase 20% dan 25 siswa. Pada tes sikius I pertemuan1 dengan nilai rata-rata seluruh siswa yaitu 69,08 dan jumlah siswa yang lulus 13 siswa dengan persentase 52% dan 25 siswa. Pada tes sikius I pertemuan 2 dengan nllai rata-rata seluruh siswa yaitu 72,6 dan jumlah siswa yang lulus 15 siswa dengan persentase 60% dan 25 siswa. Sedangkan pada tes siklus II pertemuan 1 dengan nilai rata-rata seluruh siswa yaitu 78,2 dan jumlah siswa yang lulus 19 siswa dengan persentase 76% dan 25 siswa. Pada tes siklus II pertemuan-2 dengan nilai rata-rata seluruh siswa yaitu 82 dan jumlah siswa yang lulus 21 siswa dengan persentase 84% dan 25 siswa. Berdasarkan persentase kelulusan siswa sudah mencapai yang diinginkan maka penelitian ini dihentikan sampai sikius II pertemuan II.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ahmad Nizar Rangikuti, S.Si., M.Pd dan Dr. Lelya Hilda, M.Si
Keywords: Mengatasi kesulitan Siswa Belajar Matematika; Materi Pecahan.
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010103 Category Theory, K Theory, Homological Algebra
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 27 Apr 2020 21:23
Last Modified: 23 Jul 2021 02:19
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1018

Actions (login required)

View Item View Item